Usia yang Pas untuk Menabung Biaya Nikah

Usia yang Pas untuk Menabung Biaya Nikah

Tips Menabung Buat Nikah yang Selalu Dicari !!

Jenjang pernikahan merupakan sebuah bukti keseriusan pasangan kekasih ketika menjalin sebuah hubungan. Karena begitu sakral serta berharganya pesta pernikahan, banyak pasangan yang rela seperti habis-habisan untuk menutupi biaya. Agar seluruh dana dapat terkumpul, Anda dapat mengikuti tips menabung buat nikah agar pesta penikahan yang Anda ingini dapat terwujud. 

Biasanya, berbagai macam cara dilakukan oleh pengantin agar rekening tabungan semakin mengembung, namun tak sedikit juga yang gagal karena tak dapat mengubah gaya hidup. Bagi mereka yang sudah memiliki calon pendamping, mungkin akan lekas-lekas mengumpulkan tabungan. Namun bagaimana dengan mereka yang belum memiliki calon pendamping? Kapan sebaiknya memulai tabungan untuk menutup biaya pernikahan?

Waktu yang Tepat untuk Menabung Biaya Pernikahan

Sebenarnya, tidak ada patokan yang pas untuk menentukan waktu yang tepat memulai tabungan pernikahan. Semua bergantung dari rencana umur menikah yang Anda miliki serta penghasilan Anda saat ini. Jika Anda memiliki rencana menikah umur 28, dan sekarang ini Anda masih berumur 22 tahun, Anda memiliki waktu yang panjang untuk mulai menabung. 

Idealnya, menabung untuk persiapan pernikahan dilakukan saat pertama kali Anda sudah mendapatkan penghasilan. Jika Anda sudah memperoleh penghasilan dari umur 21 tahun, pada saat itu, kegiatan menabung bisa langsung Anda mulai. 

Seperti yang sudah disampaikan. Selain usia, penghasilan yang di dapatkan sekarang ini juga mempengaruhi lama waktu tabungan Anda. jika Anda memiliki penghasilan Rp 3 jutaan per bulan, Anda bisa menabung sebesar Rp 1 jutaan per bulan, dengan lama waktu 5 tahun, Anda sudah memperoleh uang tabungan sebesar Rp 60 jutaan. Jumlah tersebut sudah lebih dari cukup untuk menggelar pesta pernikahan yang sederhana. 

Trik Menabung untuk Biaya Pernikahan

Agar kegiatan menabung Anda dapat berjalan dengan lancar, ada beberapa tips yang dapat Anda lakukan, antara lain:

Buat rekening tabungan yang khusus untuk kebutuhan pernikahan

Ini merupakan hal utama yang harus dilakukan. Buka tabungan khusus untuk membiayai seluruh kebutuhan pernikahan Anda. Alokasikan gaji Anda khusus untuk mengisi tabungan ini. Untuk awal menabung, tak perlu langsung memasukkan jumlah yang besar. Kunci kesuksesan tabungan pernikahan adalah konsistensi. 

Selalu isi rekening tabungan pribadi

Bukan hanya tabungan untuk pernikahan saja yang harus Anda isi. Anda juga harus mengisi tabungan pribadi. Nantinya, uang yang terkumpul dapat digunakan untuk menutupi biaya lain atau untuk DP rumah sebagai persiapan menikah. Karena arus pengeluaran yang Anda miliki semakin bertambah, sebisa mungkin Anda harus bijak saat mengalokasikan gaji. Usahakan, sesudah gaji diterima, Anda langsung mengisi pundi-pundi tabungan Anda. 

Rencanakan konsep pernikahan mulai dari sekarang 

Jika Anda ingin tepat dalam memprediksi biaya pernikahan, rencanakan seperti apa konsep pernikahan yang Anda ingini. Apakah Anda ingin pernikahan dengan konsep outdoor atau pun indoor. Jangan lupa, rencanakan mana gedung atau hotel yang akan Anda gunakan untuk menggelar pesta pernikahan. Minta rekomendasi dari teman, keluarga, atau sahabat yang telah melangsungkan pesta pernikahan.

Biaya untuk menggelar pesta pernikahan memang jauh dari kata murah, namun semakin dini Anda menabung, akan semakin cepat juga uang yang terkumpul, dan akhirnya pesta pernikahan yang Anda impikan dapat terwujud. Rencanakan tabungan pernikahan mulai dari sekarang. Semoga, tips menabung buat nikah di atas dapat membantu Anda mengumpulkan pundi-pundi rupiah. 

Artikel Terkait

Featured Image