Umur untuk tunangan dan syarat yang harus dipenuhi

Umur untuk tunangan dan syarat yang harus dipenuhi

Sebelum menuju masa pernikahan, setiap pasangan memiliki perencanaan dan tahapan yang berbeda – beda. Namun umumnya pasangan yang akan melangkah ke pelaminan akan melakukan acara pertunangan. Tunangan merupakan bentuk komitmen pasangan yang ditandai dengan adanya ritual tukar cincin. Hal ini menandakan bahwa pasangan telah diikat dalam sebuah komitmen sebelum melanjutkan pernikahan. Selain itu dalam acara pertunangan, keluarga dari kedua belah pihak akan dipertemukan untuk saling mengenal, sehingga pada tahap ini menjadi salah satu proses awal mula adanya hubungan kekeluargaan. Namun banyak yang tidak mengetahui batasan umur yang pas tunangan.

Umur yang pas untuk tunangan

Tidak terdapat kesepakatan yang berlaku umum terhadap umur yang pas tunangan. Banyak pasangan yang hanya menargetkan pada tingkat kedewasaan, situasi dan kondisi hubungan serta komitmen yang dijalani. Namun pada beberapa pasangan langkah untuk menjalani proses tunangan dilakukan ketika akan menikah, misalnya  2 bulan sebelum menikah maka dilakukan pertunangan sebagai bentuk keseriusan kedua belah pihak.

Selain itu, batasan maksimal terhadap umur pada saat melakukan pertunangan dilihat dari kesiapan masing – masing pihak. Artinya ketika telah melakukan pertunangan maka pasangan tidak lagi boleh untuk melirik atau berpaling dari pasangannya. Oleh sebab itu ritual tunangan yang disimbolkan dengan cincin dinilai sebagai bentuk pengikat.

Beberapa syarat  acara tunangan

Apabila anda  hendak melangsungkan acara pertunangan maka terdapat beberapa syarat – syarat yang harus anda penuhi. Ada pun syarat tersebut adalah sebagai berikut :

Adanya cincin pertunangan

Acara pertunangan identik dengan acara pertukaran cincin. Cincin dijadikan sebagai bentuk pengikat yang biasanya digunakan di jari manis. Sehingga apabila jari manis seseorang telah melingkar sebuah cincin maka dapat disimpulkan orang tersebut telah tunangan.

Pada umumnya cincin tunangan dipersiapkan oleh pihak lelaki berdasarkan komunikasi dan kesepakatan pasangan. Pada saat acara pertunangan akan dilangsungkan rangkaian acara lamaran beserta pemasangan cincin.

Menyiapkan perlengkapan yang berkaitan dengan adat

Persiapan acara tunangan juga dilangsungkan beserta serangkaian acara adat. Namun masing – masing daerah memiliki perbedaan acara tersebut. Sehingga anda perlu mempersiapkan acara tersebut sesuai dengan adat di daerah anda.

Box lamaran

Apabila pasangan telah memiliki umur yang pas untuk tunangan maka perlu dipersiapkan prosesi pertunangan. Menurut kebiasaan, acara lamaran juga dibarengi dengan pemberian seserahan dari pihak laki – laki kepada pihak perempuan. Seserahan ini berisi perlengkapan pribadi yang terdiri dari : baju, sepatu, tas, perhiasan, perlengkapan sholat, perlengkapan mandi dan lain sebagainya. Namun kelengkapan box lamaran ini tidak menjadi hal wajib namun hanya bersifat opsional. Banyaknya kelengkapan yang harus dipersiapkan kedua belah pihak tentunya memerlukan biaya yang besar, untuk itu perlu komitmen bersama untuk tabungan pernikahan.