Tips Berbagi Tugas Suami Dan Istri Dalam Rumah

Featured Image

Diluaran sana pasti masih banyak yang belum menyadari tentang pentingnya berbagi tugas antara suami dan istri dalam mengurus rumah. Hal ini agar mencegah terjadinya perbedaan pendapat, kesenjangan tugas serta keributan dalam rumah tangga. Berikut ini adalah penjelasannya.

Pentingnya Parenting Yang Baik

Kehidupan berumah tangga memiliki banyak sekali faktor yang harus dipertimbangkan dengan baik. Salah satunya adalah mengenai berbagi tugas antara suami dan istri dalam mengurus rumah. Mengapa begitu?

Mungkin masih banyak yang beranggapan bahwa antara suami dan istri sudah memiliki peran dan tanggung jawabnya masing – masing. Banyak yang berpikir bahwa tugas suami adalah mencari nafkah, sedangkan mengurus anak dan rumah adalah tugas istri. Benarkah demikian?

Secara garis besarnya memang seperti itu. Hanya saja jika ditelaah secara detail, sebenarnya kurang tepat. Mencari nafkah memang tugas seorang suami sebagai kepala rumah tangga. Namun bukan berarti istri juga tak boleh berpenghasilan.

Begitu juga dengan tugas istri yang identik dengan mengurus rumah dan juga anak. Meskipun terdengar sederhana, namun sebenarnya mengurus rumah sekaligus anak bukanlah hal yang mudah. Bahkan bisa dikatakan jauh lebih melelahkan daripada yang hanya fokus pada satu kegiatan saja seperti misalnya bekerja.

Mengurus rumah sangat kompleks. Mulai dari memasak, mencuci piring, mencuci baju, menyetrika, menjemur, menyapu, mengepel lantai dan belum termasuk mengurus serta mengasuh anak yang tentunya tidak sesederhana namanya.

Jika dalam kehidupan berumah tangga diterapkan sistem tugas masing – masing, maka tentunya sangat tidak seimbang mengingat mengurus rumah dan anak lebih banyak macamnya. Jika tidak memiliki ilmu dasar parenting yang baik maka tentu saja akan terjadi konflik antara pasangan suami istri.

Dimana akan saling menyalahkan. Merasa ada yang lebih dominan dalam produktivitas dan lain sebagainya. Sehingga dengan berbagi peran yang benar maka akan tercipta suasana yang baik sehingga lebih mudah dalam mewujudkan kehidupan rumah tangga yang rukun dan harmonis.

Tips Berbagai Tugas Suami Dan Istri

Jika diatas sudah dijelaskan mengenai pentingnya berbagi tugas antara suami dan istri dalam mengurus rumah, maka berikut ini adalah tips dalam menerapkannya.

1. Melakukan diskusi agar tercipta komunikasi yang baik sehingga antara suami dan istri mengetahui apa yang harus dilakukan untuk meringankan tugas satu sama lain.

2. Mulai membuat daftar bagi tugas agar bisa mengetahui peran masing – masing.

3. Bersikap fleksibel dan tidak egois, jika salah satu mengalami kesulitan bisa saling membantu.

4. Mengutamakan rasa saling memahami dan menghargai satu sama lain sehingga tidak harus selalu terpaku pada tugas yang diciptakan dan bisa tetap saling membantu jika dibutuhkan.

5. Tahu bagaimana cara membedakan prioritas sehingga bisa saling meringankan tugas maupun peran masing – masing.

Setiap orang bisa saja memiliki tips dan trik sendiri dalam berbagi tugas antara suami dan istri dalam mengurus rumah, namun kelima faktor diatas bisa dijadikan sebagai contoh dalam menentukan.