5 Tips Menjadi Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

5 Tips Menjadi Wanita Karir dan Ibu Rumah Tangga

Saat memutuskan untuk menjadi wanita karir sekaligus menjadi ibu rumah tangga, seorang perempuan tentu harus memiliki perencanaan yang matang agar kedua peran ini dapat berjalan bersama. Sebab menjadi pekerjaan menjadi ibu rumah tangga bukanlah hal yang sepele, bukan hanya sekedar mengurus rumah dan anak, tapi lebih dari itu. Lalu bagaimana agar hal tersebut bisa berjalan bersama sama?

Berikut ini adalah kiat-kiat menjadi wanita karir dan ibu rumah tangga sekaligus :

Singkirkan rasa bersalah

Banyak perempuan yang merasa bersalah karena harus bekerja daripada bersama anaknya sepanjang hari. Singkirkan perasaan seperti itu, memiliki pekerjaan bukanlah hal yang salah.

Berlarut-larut tenggelam dalam rasa bersalah justru membuat pikiran anda menjadi tidak fokus, dan berimbas pada pekerjaan anda, bisa saja pekerjaan anda terbengkalai.

Tak perlu menjadi perfeksionis

Menjadi wanita karir sekaligus ibu rumah tangga jangan sampai membuat Anda terbebani untuk harus menjadi sempurna. Jangan membuat standar yang terlalu tinggi pada diri anda dan menuntut standar tersebut harus terpenuhi.  

Terlalu memikirkan kesempurnaan hanya akan membuat anda selalu tidak puas, frustasi, dan hilang kepercayaan diri. 

Memilih pengasuh yang baik

Bila anda memutuskan untuk menggunakan jasa pengasuh, maka anda perlu benar-benar memilih pengasuh. Pilih pengasuh yang cekatan dan memiliki jiwa keibuan. Anda juga bisa menitipkan anak anda di day care. Kelebihannya anak anda akan bisa berinteraksi dengan teman sebayanya, karena biasanya banyak anak-anak lain di day care. Pilih daycare yang sudah berpengalaman dan memiliki kredibilitas yang baik.

Bekerjasama dengan suami

Mengurus anak dan melakukan pekerjaan rumah bukanlah tanggung jawab mutlak seorang istri, namun suami juga harus andil di dalamnya. Anda bisa melakukan kerjasama dengan suami agar pekerjaan-pekerjaan dalam rumah tangga bisa selesai dengan baik.

Jadwalkan me time

Banyak wanita terlebih ibu rumah tangga yang lupa akan pentingnya meluangkan waktu untuk diri sendiri dengan melakukan hal-hal yang disukainya. Tak perlu melakukan hal yang muluk-muluk, terkadang sekedar membaca buku, istirahat, atau berjalan-jalan di mall sudah bisa menghilangkan penat. Me time perlu anda lakukan untuk tetap menghargai dan berterima kasih kepada diri anda atas semua yang anda lakukan selama ini.