Tips Perkawinan Bahagia

Tips Perkawinan Bahagia

Sebuah perkawinan harus membuat Anda lebih bahagia dari sebelumnya. Pasalnya, Anda akan dipenuhi dengan rasa cinta, kasih sayang, dan bahkan ketentraman bersama dengan pasangan.

Nah, bagi Anda yang baru saja akan menikah atau sudah menjadi pengantin baru, ada baiknya menyimak tips perkawinan bahagia di bawah ini. Setelah itu, sebisa mungkin terapkan tips ini dalam rumah tangga Anda agar bahagia bersama. 

Hindari Mengungkit Kesalahan Masa Lalu 

Setiap manusia pernah melakukan kesalahan. Saat berikrar hidup bersama sebagai suami dan istri, pastinya Anda berdua sudah memutuskan untuk menerima semua kondisinya, termasuk kesalahan masa lalu. Karena itu, hindari mengungkit kesalahan masa lalu jika perkawinan ingin bahagia.

Bahkan saat Anda sedang marah terhadap pasangan, jangan sampai terlontar topik tentang kesalahan masa lalu. Alih-alih menyelesaikan masalah, mengungkit kesalahan masa lalu justru akan semakin memperkeruh keadaan. 

Alhasil, masalah tidak kunjung selesai dan rumah tangga menjadi tidak nyaman. Parahnya, pasangan yang tidak berhasil bertahan akan menyelesaikannya di meja perceraian. 

Lakukan Hal Kecil Bersama-Sama 

Ibarat tanaman, rumah tangga juga perlu dipelihara dan dipupuk agar tumbuh subur. Salah satu cara memelihara perkawinan adalah dengan melakukan hal kecil bersama. Misalnya, Anda berdua bisa mencoba memiliki jadwal untuk membersihkan rumah ataupun berolahraga bersama. 

Hal ini mungkin terlihat remeh, tapi rasakan manfaatnya dalam perkawinan Anda. Pasangan yang sering melakukan hal kecil bersama tidak hanya kompak tapi juga merasa lebih bahagia. 

Wanita umumnya ingin dibantu untuk mengerjakan sesuatu, sedangkan pria seringkali ingin membantu. Bayangkan jika rumah Anda bersih dan rapi, tubuh sehat, dan jiwa pun bahagia.   

Diskusikan Sesuatu Bersama 

Jika saat ini Anda lebih senang mendiskusikan sesuatu dengan orang lain ketimbang dengan pasangan, maka coba ubah kebiasaan tersebut. Mulai sekarang, diskusikan sesuatu dengan pasangan walaupun hal kecil sekalipun.

Tidak masalah jika nantinya Anda berdua harus beradu argumen saat berdiskusi asalkan tetap dengan kepala dingin. Justru menurut psikolog, pasangan yang bisa beradu argumen justru lebih bahagia. 

Secara tidak langsung, mereka belajar untuk saling menghormati dan menghargai pendapat satu sama lain. Mereka juga merasa lebih didengarkan dan mendukung satu sama lain. 

Coba terapkan tips perkawinan bahagia ini dengan pasangan Anda selama beberapa bulan. Setelah itu, lihat perbandingan sebelum dan sesudah menerapkan tips ini. 

Rutin Nge-date 

Jangan salah! Nge-date atau pacaran bukan hanya untuk muda-mudi yang belum menikah saja. Justru setelah menikah Anda dan pasangan harus sering nge-date berdua. Jika perlu jadwalkan secara rutin. Berbagai penelitian menyimpulkan jika pasangan yang sering have fun bersama lebih bahagia dibandingkan pasangan yang tidak pernah atau jarang have fun bersama. 

Nge-date tidak harus mahal dan rumit. Pergi jalan-jalan ke taman, nonton film favorit di bioskop, makan di warung atau restoran favorit cukup untuk menjaga perkawinan Anda. 

Bahkan, piknik di kebun belakang rumah dengan menyiapkan segala keperluannya bersama juga asyik! Membayangkannya saja Anda sudah merasa bahagia, bukan? 

Cari Kelebihan Pasangan Setiap Harinya

Dengan lebih fokus pada mencari kelebihan pasangan setiap harinya ketimbang kelemahannya, Anda akan merasa lebih tertarik dengannya. Ketertarikan ini akan tetap terjaga bahkan setelah bertahun-tahun menikah. Sudah pasti Anda akan lebih bahagia dan menghargai pernikahan Anda tanpa membandingkan dengan orang atau pasangan lain. Nah, itu dia beberapa tips perkawinan bahagia. Tips ini memang sangat sederhana, tapi jika dilakukan terus menerus dampaknya akan sangat besar dalam perkawinan Anda. Percayalah, saat Anda memiliki perkawinan yang bahagia, maka Anda seperti ada di surga dunia.