Tips Menikah di Usia Muda untuk Laki-Laki

Tips Menikah di Usia Muda untuk Laki-Laki

Tips Menikah di Usia Muda di Bawah Umur 25 Tahun

Berencana untuk melepas masa lajang di usia muda? Sebaiknya Anda simak dulu tips menikah di usia muda yang akan kami jelaskan berikut. Tips ini cocok bagi laki-laki yang sudah ngebet sekali untuk nikah. 

Ada banyak pendapat tentang berapa usia ideal bagi laki-laki untuk menikah. Namun pastinya, memutuskan menikah di bawah umur 25 tahun terbilang cukup muda. Bagi pria, menurut undang-undang usia minimum yang diperbolehkan untuk menikah adalah 19 tahun. Jadi pada dasarnya, menikah di usia muda bukan hal yang aneh di negara kita. 

Tips Menikah Bagi Laki-Laki yang Berusia Muda

Jika Anda sudah mantap ingin menikah, pastikan Anda simak tips berikut ini sampai selesai, ya!

Niatkan untuk Menyempurnakan Ibadah

Menikahlah dengan niat atas dasar ibadah. Menikah bukan sekedar mempersatukan dua pasangan yang sedang jatuh cinta. Jika dilandasi dengan niat yang baik, maka pernikahan akan selalu dalam lindungan Tuhan. 

Memiliki Perencanaan Masa Depan yang Matang

Menikah tidak hanya sekedar harus memiliki cinta. Sebelum menikah Anda pun harus punya rencana masa depan yang jelas. Meski memutuskan menikah di usia muda, bukan berarti semua bisa berjalan tanpa rencana. Maka dari itu, buatlah rencana yang jelas antara Anda dengan pasangan. 

Sudah Mandiri Secara Finansial

Ekonomi kerap menjadi suatu masalah besar dalam pernikahan. Finansial seringkali menjadi hal yang sensitif. Tidak sedikit masalah tersebut menjadi masalah besar yang memicu pertengkaran. Bahkan, tidak sedikit pasangan yang bercerai hanya karena masalah ini. 

Untuk mencegahnya, pastikan Anda sudah matang dan mandiri secara finansial. Tidak harus kaya, yang penting Anda bisa memenuhi kebutuhan biaya pengeluaran yang diperlukan nanti. 

Percaya Terhadap Pasangan

Jika Anda sudah jatuh cinta pada perempuan, taruhlah rasa percaya terhadap dirinya. Rasa percaya terhadap pasangan akan menjadi modal besar. Jika Anda belum bisa percaya, sebaiknya tunda dahulu keinginan untuk menikah. Carilah terlebih dahulu siapa pasangan yang bisa Anda percaya. Rasa saling percaya akan memberi kebahagiaan bagi Anda dan pasangan. 

Ketahui Apa yang Menjadi Prioritas

Sebelum menikah, ketahuilah apa yang menjadi prioritas dalam kehidupan berumah tangga. Anda harus siap memprioritaskan keluarga. Contohnya, jangan sampai terlintas bahwa Anda berpikir bahwa bersekolah ke luar negeri adalah prioritas dan lebih penting. Karena, usia Anda masih tergolong muda dan masih butuh pendidikan.

Begitu juga dengan hal-hal lain seperti memprioritaskan teman. Setelah menikah Anda harus mengurangi waktu hangout bersama teman-teman. 

Pertimbangan Karier dan Pendidikan

Sebelum menikah, Anda harus bisa memutuskan antara karier, pendidikan, atau menikah. Jika sudah mantap, seharusnya Anda tidak perlu lagi mempertimbangkan masalah ini. Jika masih dilanda rasa bimbang, sebaiknya mantapkan dulu pilihan Anda. Mantapkan pilihan antara melanjutkan pendidikan, karier, atau menikah. 

Ketahui Risiko Perceraian yang Sering Terjadi di Usia Muda

Perceraian adalah alasan beberapa kalangan melarang menikah di usia muda. Tingginya angka perceraian di usia muda menjadi dasar dari larangan tersebut. Hal ini dikarenakan secara psikologis, pasangan muda belum memiliki kesiapan secara mental. Sehingga, mereka rentan terhadap terjadinya kasus perceraian. 

Namun, larangan ini bisa Anda tolak jika Anda sudah merasa siap. Karena faktanya, mereka yang menikah di usia yang matang pun banyak yang bercerai. Yang terpenting Anda bisa mempersiapkan mental dalam mengarunginya. Nah, itulah tips menikah di usia muda untuk laki-laki. Tips di atas akan membantu Anda untuk memantapkan diri dalam membangun bahtera rumah tangga di usia muda.