Tips Menikah di Musim Hujan: 5 Hal Ini Wajib Diperhatikan

Tips Menikah di Musim Hujan:  5 Hal Ini Wajib Diperhatikan

5 Tips Menikah di Musim Hujan Agar Acara Berjalan Lancar

Menyelenggarakan pesta pernikahan di musim hujan, siapa takut? Di akhir tahun seperti ini, Indonesia memang sedang deras-derasnya hujan yang tercurah. Namun, bukan berarti pula pesta pernikahan harus mundur karena alasan tersebut.

Ada tips menikah di musim hujan yang harus diperhatikan jika memang acara Anda berlangsung di musim ini. Jangan khawatir, semua pasti berjalan lancar dan membawa kebahagiaan untuk Anda dan pasangan!

Perhatikan Tempat Acara

Tempat acara menjadi hal nomor satu yang harus diperhatikan. Apakah itu mau di gedung dan aula yang tertutup, atau justru di tempat outdoor seperti taman. Keduanya tidak jadi masalah, selama tempat tersebut tidak rawan banjir.

Anda juga bisa menyelenggarakan pesta di rumah jika memang inginnya begitu. Yang penting, semua ter-cover dengan tenda yang rapat dan bisa menghindarkan tamu dari risiko kehujanan. Jangan diambil pusing persoalan yang satu ini, ya!

Jumlah Tamu yang Akan Datang

Menentukan jumlah tamu yang akan datang adalah hal yang juga harus diperhatikan jika Anda menyelenggarakan pesta di musim hujan. Pastikan tamu yang diundang sesuai dengan kapasitas tempat yang tersedia.

Jangan sampai ada tamu yang harus kehujanan gara-gara tenda di pesta pernikahan Anda tidak cukup untuk menampung mereka semua. Karena itu, ada baiknya untuk benar-benar memilah tamu yang menurut Anda memang patut diundang.

Menu Makanan

Nah, hal yang satu ini juga tidak boleh luput dari perhatian, lho! Jika di musim selain musim hujan Anda hanya perlu memperhatikan jumlah porsi dengan jumlah tamu, maka lain ceritanya di musim penghujan ini.

Musim hujan identik dengan hawa dingin, karenanya Anda harus menghidangkan menu khusus untuk musim ini. Mungkin menu-menu hangat yang berkuah bisa dilebihkan dibanding menu lainnya.

Tamu Anda pasti akan senang, apalagi mereka yang datang dari jauh kemudian disuguhi hidangan yang menghangatkan badan. Namun, bukan berarti pula Anda harus menghilangkan menu dingin sama sekali, misalnya es.

Karena, meski di musim hujan pasti ada saja orang yang masih minum-minuman dingin seperti es dan soft drink lainnya. Jadi, perhatikan benar-benar menu catering di pesta Anda, ya!

Perhatikan Budget

Budget adalah kunci dari segalanya. Menggelar pesta pernikahan tentu membutuhkan budget yang tidak sedikit. Apalagi di musim penghujan, budget tersebut bisa lebih menggembung.

Kenapa? Pertama, lihatlah dari segi tempat diselenggarakannya acara. Jika tidak memungkinkan menyelenggarakan acara di rumah karena rawan banjir misalnya, Anda paling tidak harus menyewa gedung.

Tentu sewa gedung ini butuh biaya, bukan? Jadi, budget akan bertambah untuk sewa gedung. Belum lagi dekorasinya, karena biasanya untuk set dekorasi di rumah dan gedung mempunyai selisih harga yang berbeda.

Begitu pula jika pesta tersebut diselenggarakan di rumah, paling tidak Anda harus menyewa tenda yang lebih luas untuk berjaga-jaga. Ini juga akan menambah biaya anggaran. 

Ini baru dari tempat saja, ya, belum yang lainnya seperti biaya make up serba waterproof, makanan, dan lain-lain.

Hal-hal Lainnya

Selain keempat hal di atas, printilan-printilan lain yang juga tak kalah penting untuk diperhatikan juga masih banyak.

Sebut saja fotografer, akomodasi untuk keluarga besan, waktu penyelenggaraan pesta, live music yang mengiringi, juga dresscode untuk para tamu wajib diperhatikan. 

Dengan mempertimbangkan semuanya secara matang, pesta pernikahan musim hujan Anda pasti akan berjalan lancar.

Nah, itu dia hal-hal yang harus diperhatikan sebagai tips menikah di musim hujan. Semoga pesta Anda berlangsung meriah dan sesuai harapan, ya!