Tips Hemat Biaya Pernikahan

Tips Hemat Biaya Pernikahan

Tips Menghemat Biaya Pernikahan dengan Resepsi Sederhana

Setiap orang pasti menginginkan pesta pernikahan yang berkesan, karena itu tak sedikit orang yang rela mengeluarkan banyak uang untuk menggelar acara pernikahan yang mewah. Tapi bagaimana bila punya budget terbatas? Tenang saja, karena ada beberapa tips menghemat biaya pernikahan yang patut untuk dicoba.

Dalam pernikahan, pesta resepsi adalah acara yang paling banyak membutuhkan biaya. Jadi bila ingin berhemat, Anda harus menggelar resepsi sederhana dengan cara-cara berikut ini:

Batasi Jumlah Undangan

Tak perlu mengundang tamu terlalu banyak, apalagi bila Anda tidak mengenal mereka dengan baik. Cukup undang keluarga, sahabat, tetangga, atau orang-orang yang memang punya hubugan dekat dengan Anda dan pasangan. Dengan dikelilingi oleh orang-orang yang spesial, pernikahan pastinya juga akan terasa lebih istimewa, bukan?

Tak Perlu Pakai Pernikahan Adat

Melestarikan budaya memang penting, tapi diakui atau tidak, pernikahan adat pasti membutuhkan banyak biaya karena ada sejumlah tradisi yang harus dilakukan. Jadi bila Anda ingin menekan biaya seminimal mungkin, ada baiknya untuk menghapus upacara adat dari pesta pernikahan Anda.

Pemilihan Lokasi

Menyewa gedung untuk lokasi pernikahan bisa menghabiskan banyak biaya. Untuk menyiasatinya, Anda bisa menggelar pernikahan di rumah dengan dekorasi minimalis. Bisa juga menggunakan konsep outdoor seperti pesta kebun di lokasi-lokasi tertentu. Meski sama-sama memakan biaya yang tak sedikit, lokasi outdoor biasanya masih lebih murah ketimbang menyewa gedung atau hotel.

Sewa Baju Pengantin

Tips menghemat biaya pernikahan berikutnya terletak pada masalah pakaian. Mengingat gaun pengantin hanya dipakai satu kali, ada baiknya bila Anda menyewa saja ketimbang membeli. Hal ini juga berlaku untuk pernak-pernik lainnya seperti perhiasan, sepatu, dan aksesoris  lainnya.

Pemilihan Katering dan Menu Makanan

Hindari menghabiskan biaya untuk menu-menu masakan yang sekiranya tidak akan dimakan oleh tamu undangan, misalnya masakan ala barat dengan bahan-bahan yang mahal. Sediakan saja masakan bercita rasa lokal yang lebih familiar bagi para tamu, misalnya bakso, sate, capcay, soto, atau makanan tradisional lainnya.

Minta Bantuan Keluarga atau Teman

Bila Anda membutuhkan fotografer, make-up artist, atau MC untuk pernikahan, jangan buru-buru menyewa jasa orang lain. Coba cari tahu dulu apakah di antara anggota keluarga dan teman dekat ada yang memiliki hobi memotret, merias, atau pandai menjadi MC. Kalau ada, minta saja bantuan mereka untuk menghemat biaya pernikahan.

Hiburan Musik

Pernikahan pastinya akan lebih meriah dengan adanya lagu-lagu atau pertunjukan musik. Tapi demi menekan biaya pengeluaran, Anda tidak perlu menyewa band apalagi penyanyi papan atas. Gunakan saja teknologi yang ada dengan memutar lagu melalui laptop yang disambungkan ke speaker. Kalaupun ingin live music, Anda bisa minta bantuan kerabat dan teman dekat yang pandai menyanyi atau memainkan alat musik.

Souvenir Sederhana

Pernikahan memang kurang lengkap tanpa adanya souvenir, tapi souvenir yang menarik bukan berarti harus mewah dan mahal. Yang penting, souvenir harus terlihat menarik dan bisa bermanfaat bagi para tamu, misalnya gantungan kunci, handuk/saputangan yang dibentuk bunga, bingkai foto, atau aksesori seperti bros.

Itulah beberapa tips menghemat biaya pernikahan yang bisa Anda coba. Pernikahan memang merupakan momen yang sangat istimewa, tapi pesta yang berkesan tidak harus mahal, bukan? Ketimbang menghabiskan terlalu banyak uang untuk berpesta, sebaiknya tabung uang Anda untuk bekal berumah tangga.