Tips Catering untuk Anda yang Ingin Membangun Bisnis

Tips Catering untuk Anda yang Ingin Membangun Bisnis

Tips Catering Pernikahan, Salah Satunya dengan Promosi Tepat Sasaran

Membangun sebuah bisnis kuliner bisa dilakukan oleh siapa saja. Peluang bisnis yang satu ini mengalami peningkatan yang lumayan menjanjikan bagi pembisnis pemula. Mulai dari bisnis kuliner dengan cara membuka warung makanan, usaha catering rumahan ataupun catering pernikahan.

Diantara ketiga pilihan tersebut, jasa catering pernikahan merupakan bisnis kuliner yang banyak peminatnya. Untuk memulai bisnis ini, perlu bagi pembisnis untuk mengetahui tips catering pernikahan mengenai cara membangun bisnis kuliner yang menguntungkan. Ada beberapa tips yang bisa diterapkan agar bisnis bisa berkembang, diantaranya adalah sebagai berikut:

Pilih Karyawan yang Tepat

Tips yang pertama adalah memilih karyawan dengan tepat. Dalam bisnis kuliner, pemilihan karyawan adalah berdasarkan keahlian dalam memasak, bisa menjaga kebersihan makanan yang diolahnya serta bisa menciptakan varian menu makanan yang enak. Dengan ketiga kriteria ini, seorang juru masak yang handal bisa menjadikan usaha catering menjadi semakin berkembang.

Banyak Varian Menu

Sebuah bisnis jasa catering harus bisa menyajikan aneka menu yang bervariasi. Walaupun menu pada acara resepsi cenderung sama, namun ada kalanya pihak pelanggan minta dibuatkan menu khusus. Di sinilah keahlian para juru masak diuji. Dengan kemampuan tersebut kemungkinan mendapatkan banyak pelanggan akan terwujud.

Harga Paket Murah Berkualitas

Hal pertama yang selalu ditanyakan oleh pelanggan adalah masalah harga. Berikan penawaran harga yang terbaik dengan  berbagai menu yang lezat. Tawarkan juga harga diskon khusus untuk pengambilan paket tertentu. Bisa juga dengan pemberian bonus berupa penambahan porsi pada hidangan penutup atau bonus yang lainnya.

Kualitas Pelayanan Terjaga

Yang sangat menentukan selain kelezatan makanan adalah pelayanan petugas catering saat berlangsungnya acara. Pastikan karyawan pada divisi ini merupakan orang-orang pilihan yang cekatan dan sabar dalam melayani para tamu undangan.

Jaga Kepuasan Pelanggan

Kepuasan pelanggan adalah modal untuk menjadi sukses. Berikan pelayanan terbaik dengan menjaga kualitas rasa pada masakan. Jangan lupa untuk menyajikan hidangan secara lengkap agar tidak timbul komplain. Misalnya saja saat menyajikan sate, di sampingnya selalu ada bumbu kacang dan sambal. Yang sering terlupakan adalah irisan bawang merah dan jeruk nipis. Dengan menyertakan menu lengkap bisa memberikan kepuasan tersendiri baik bagi para tamu undangan maupun bagi konsumen.

Strategi Marketing yang Tepat

Setiap usaha pasti membutuhkan strategi yang jitu agar usahanya bisa berkembang dengan pesat. Lakukan promosi melalui berbagai media dan sediakan dana khusus untuk melakukan berbagai promosi. Beberapa cara promosi yang bisa dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Buatlah selebaran berupa brosur, titipkan kepada penjual koran agar diselipkan pada koran yang mereka jual
  • Pasang iklan di surat kabar
  • Promosi melalui facebook dan instagram
  • Promosi dari mulut ke mulut. Cara ini bisa terwujud jika pelayanan yang diberikan membuat konsumen puas. Maka secara tidak langsung mereka akan mempromosikannya kepada orang lain
  • Sediakan kartu nama yang bisa diambil oleh para tamu undangan saat menyelenggarakan acara resepsi. Ketika mereka puas dengan penyajian dan rasa makanan yang dihidangkan, mereka akan mengambil kartu nama tersebut sebagai referensi ketika membutuhkannya suatu saat nanti

Dengan mengetahui aneka tips catering pernikahan, membangun bisnis kuliner yang menguntungkan bisa sebagai gambaran kepada pembisnis kuliner apa saja yang harus disiapkan untuk mengembangkan usahanya. Tetap mengutamakan kualitas rasa makanan, kebersihan dan pelayanan yang terbaik serta promosi yang tepat agar usaha kuliner yang dijalankan bisa mendapatkan keuntungan yang  maksimal.