Tips Budget Nikah Sederhana Yang Mengesankan

Tips Budget Nikah Sederhana Yang Mengesankan

Menikah dengan Budget Nikah Sederhana

Budget nikah sederhana bisa menghasilkan pernikahan yang mengesankan? Apa mungkin? Pertanyaan ini sering sekali diajukan oleh masyarakat di sekitar kita. Banyak yang tidak percaya kalau budget yang minim bisa digunakan untuk menghasilkan pesta pernikahan yang berkesan. Padahal, sebenarnya kesan pernikahan itu terletak pada momennya bukan pada biaya yang dikeluarkan.

Sebagian besar orang rela mengeluarkan dana dalam jumlah besar untuk menyelenggarakan pernikahan. Banyak orang berlomba-lomba menyelenggarakan pesta pernikahan yang mewah. Padahal, bukan itu esensi sebuah pernikahan. Pernikahan adalah suatu hal yang sakral, dimana kita tak harus bermewah-mewah dan mengeluarkan banyak biaya.

Anda bisa menikah dengan biaya yang terbatas. Pernikahan anda juga tetap bisa berkesan walaupun dana pernikahan anda terbatas. Jika memang dana pernikahan terbatas maka anda harus pandai mengatur dana tersebut agar bisa mencukupi semua kebutuhan pernikahan anda dengan baik.

Tips Menikah dengan Budget Sederhana

Bagi anda yang ingin menikah namun merasa minder masalah uang, jangan galau lagi! Pernikahan anda tetap bisa berlangsung dengan mengesankan tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar. Ada beberapa tips yang bisa anda lakukan agar anda bisa mendapatkan pesta pernikahan yang berkesan namun tetap dengan budget yang sederhana.

Percaya atau tidak? Ada orang di luar sana yang hanya membutuhkan dana kurang dari Rp 30 juta untuk menyelenggarakan pesta pernikahan. Jika anda juga ingin menikah dengan biaya minim seperti ini, berikut adalah beberapa tips memanfaatkan budget nikah sederhana :

Tanpa Gedung

Tak perlu menikah di gedung kalau anda ingn menikah dengan budget yang sederhana. Untuk melangsungkan pernikahan yang berkesan tak harus selalu di gedung yang mewah. Jika ada halaman rumah, manfaatkan halaman rumah anda. Kalau memang harus di gedung, maka pilihlah jenis gedung yang sederhana dengan biaya sewa yang terjangkau.

Pesta Keluarga

Pesta pernikahan tidak harus mengundang banyak orang. Jika ingin memanfaatkan budget nikah yang minim maka anda bisa menyelenggarakan pesta pernikahan yang intim. Cukup undang teman dan keluarga untuk merayakan pernikahan anda.

Urus Sendiri

Tak perlu menggunakan jasa wedding organizer, anda bisa mengurus sendiri pernikahan anda. Persiapkan segala sesuatunya sendiri agar anda tak harus mengeluarkan uang untuk membayar jasa wedding organizer. Mengurus sendiri pernikahan juga akan mempermudah anda menghemat budget nikah. Memang akan menguras waktu tapi hasilnya akan memuaskan.

Pangkas Biaya yang Tak Perlu

Ketika mempersiapkan pernikahan, anda harus tahu apa yang memang dibutuhkan dan apa yang sebenarnya tidak begitu penting. Misalnya, biaya foto prewedding, sebenarnya prewedding tidak harus dilakukan. Kalau memang anda ingin melakukan prewedding maka anda bisa membuat foto yang sederhana, cukup secara indoor dan pakai satu drescode saja.

Manfaatkan Relasi

Manfaatkan relasi yang anda miliki. Kalau anda memiliki teman yang bekerja sebagai fotografer, manfaatkan jasa mereka. Kalau anda memiliki teman yang bekerja sebagai MUA, manfaatkan jasa mereka. Dengan memanfaatkan jasa teman maka biaya yang dibutuhkan juga akan lebih hemat karena anda bisa bernegosiasi.Itulah tadi 5 tips menikah dengan budget yang sederhana. Sebenarnya, berapapun budget yang digunakan, pernikahan anda pasti akan tetap berkesan. Kesan dari sebuah pernikahan itu sendiri terletak pada prosesi pernikahan yang berlangsung. Kuncinya terletak pada kemauan dan ketelitian anda. Kalau anda ulet mencari, anda pasti bisa mengoptimalkan penggunaan budget nikah sederhana.