Simak !! 8 Daftar Seserahan Pernikahan Adat Betawi

Simak !! 8 Daftar Seserahan Pernikahan Adat Betawi

Betawi adalah salah satu suku di Indonesia yang  berada di kawasan Jabodetabek dan sekitarnya. Tidak jauh berbeda dengan suku-suku lainnya, Betawi juga memiliki adat dalam prosesi pernikahannya. Hal ini bisa anda lihat dari daftar seserahan pernikahan adat betawi, yang merupakan simbol untuk melanjutkan hubungan ke jenjang yang lebih serius.

Seserahan Pernikahan Adat Betawi

Berbicara mengenai seserahan, tentu berkaitan dengan biaya. Namun, melalui tabungan pernikahan yang sudah anda persiapkan jauh-jauh hari, rasanya biaya tidak lagi menjadi masalah besar. Sesuai dengan tujuan anda menabung, yakni digunakan untuk kebutuhan pernikahan anda bersama calon pasangan kelak, misalnya akad nikah.  

Berikut beberapa seserahan pernikahan suku Betawi yang wajib disiapkan sebelum datang untuk melamar calon istri, diantaranya:

Roti buaya

Adalah seserahan yang wajib ada saat prosesi lamaran menggunakan adat Betawi. Mengapa? karena masyarakat percaya bahwa pernikahan adalah sesuatu yang sakral dan hanya dilakukan satu kali saja. 

Sama halnya buaya yang hanya menikah sekali seumur hidupnya. Jadi, roti buaya melambangkan simbol kesetiaan dalam sebuah ikatan pernikahan.

Perhiasan

Perhiasan juga termasuk perlengkapan seserahan yang wajib ada saat lamaran. Anda dapat membawa satu set perhiasan atau terpisah, seperti cincin, kalung atau anting-anting. Perhiasan sendiri melambangkan mempelai laki-laki yang mampu menjamin kehidupan mempelai perempuan nantinya agar terus terang dan berkilau.

Kain batik

Seserahan yang satu ini biasanya diberikan oleh calon mempelai laki-laki kepada pihak perempuan. Kain batik merupakan warisan budaya Indonesia yang memiliki makna filosofis yang berisi pengharapan.

Pisang raja

Daftar seserahan pernikahan adat betawi selanjutnya adalah pisang raja. Biasanya pisang raja dihantarkan oleh pihak dari keluarga laki-laki. Seperti yang diketahui banyak orang, pisang raja adalah lambang kesuburan. 

Maka dengan membawa pisang raja saat seserahan diharapkan kedua calon mempelai bisa segera diberikan keturunan setelah menikah.

Sirih embun

Berisi seperangkat sirih lengkap yang dihias dengan cantik, sebagai simbol penghargaan dan penghormatan kepada keluarga mempelai wanita.

Buah

Buah-buahan juga menjadi seserahan yang tidak boleh ketinggalan dari adat Betawi. Buah-buahan tersebut merupakan lambang bahwa kedua pengantin baru akan memberikan buah atau berkat untuk keluarga dan orang-orang disekitarnya.

Perlengkapan baju

Seserahan ini tidak hanya dibawa oleh orang-orang dari adat Betawi , melainkan juga adat-adat lainnya di Indonesia. Perlengkapan baju yang diberikan umumnya terdiri dari pakaian, sandal, tas yang akan dipakai oleh calon pengantin wanita.

Sirup merah

Disamping menggunakan roti buaya dan daun sirih, pelengkap seserahan adat Betawi adalah sirup merah. Biasanya, sirup merah dibawa oleh calon mempelai laki-laki.

Itulah, daftar seserahan pernikahan adat betawi yang wajib anda bawa apabila anda ingin menikahi gadis Betawi.