Pola Tidur Yang Baik Anak Usia 5-10 Tahun

Pola Tidur Yang Baik Anak Usia 5-10 Tahun

Untuk anak – anak, kebutuhan tidur yang baik sangat penting. Banyak orang tua hanya tahu pola tidur yang baik pada anak usia 5-10 tahun sama seperti orang umumnya yaitu 8 jam sehari. Sayangnya, informasi ini tidak tepat. Mari perbaiki perspketif tersebut dengan informasi soal tidur anak berikut ini!

Lama Tidur Ideal Anak Usia 5-10 Tahun

Untuk anak usia 5 sampai 10 tahun, lama tidur yang ideal adalah sekitar 12 jam sehari. Waktu tidur ini membantu anak dalam pertumbuhan dan menjaga emosi diri. Kebanyakan orang tua meremehkan efek tidur dari segi mental anak, padahal aspek ini sangat penting.

Anak yang kurang tidur dapat tumbuh tidak stabil emosinya. Mereka akan menjadi cepat marah, berperilaku kasar dan kurang mampu berbaur dengan anak lain. Hal ini jelas berbeda dengan anak yang terjaga rutinitas waktu tidur dan bagus kualitas istirahatnya. Golongan yang mendapat tidur cukup lebih ceria dan mudah lebih mudah menyerap informasi sehari – hari.

Waktu Tidur Ideal Untuk Anak

Selain lama tidurnya, jadwal tidur anak juga harus diperhatikan. Pola tidur yang baik pada anak usia 5-10 tahun terdiri dari tidur siang dan tidur malam. Untuk tidur malam, pastikan anak tidak tidur di atas jam 9 malam. Sedangkan waktu tidur siang dapat dibagi tergantung waktu luang anak.

Contoh saja, anak mendapatkan waktu tidur selama 9 jam untk malam hari. Waktu tidur mulai dari jam 9 malam sampai  6 pagi. Untuk tidur siang, jawdal bisa diatur setelah pulang sekolah dan pada sore hari. Pulang sekolah cukup tidur 1 jam dan saat sore hari bisa tidur 2 jam.

Efek Kurang Tidur Pada Anak

Jika belum mendapatkan waktu tidur yang cukup, berbagai hal negatif dapat dirasakan pada si anak. Berikut adalah beberapa contoh efek negatif tersebut:

  • Mudah marah dan emosi lebih tidak terkontrol.
  • Mengantuk di waktu – waktu penting. Seperti mengantuk di kelas atau saat harus belajar di rumah.
  • Bangun di tengah malam karena waktu tidur yang tidak teratur.
  • Sulit konsentrasi
  • Hilang nafsu makan.
  • Mudah lemas dan capek
  • Lebih mudah terkena sakit.

Karena berbagai masalah tersebut, orang tua harus benar – benar menjaga waktu tidur anak agar lebih sehat.

Jaga Waktu Tidur Anak Agar Mereka Tumbuh Lebih Baik

Untuk menjaga waktu tidur anak baik, orang tua memegang peranan dalam keluarga yang sangat penting. Orang tua harus tegas dan memberi aturan bagi anak agar mereka mau tidur cukup.

Mengajarkan disiplin waktu tidur bagi anak kewajiban orang tua. Jaga pola tidur yang baik pada anak usia 5-10 tahun demi kebaikan anak sendiri nantinya!