Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah

Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah

Apa Saja Persiapan yang Perlu Dilakukan Sebelum Akad Nikah atau Hari H Pernikahan?

Menjelang hari H pernikahan pasti ada perasaan senang dan gugup. Namun seringkali kegugupan tersebut membuat Anda kehilangan fokus untuk mempersiapkan pernikahan itu sendiri. Maka untuk menghindari hal tersebut sebaiknya siapkan hal-hal yang perlu dilakukan sebelum akad nikah atau hari H berikut ini:

Tidur Tepat Waktu

Sebaiknya menjelang hari pernikahan calon pengantin tidur tepat waktu. Alih-alih ingin mempersiapkan pernikahan secara sempurna sehingga membuat Anda begadang dan kurang tidur bukanlah keputusan yang tepat.

Pasalnya, tidur tepat waktu bahkan lebih awal dapat memiliki banyak memberikan manfaat diantaranya yaitu badan menjadi sehat dan terlihat lebih segar. Sehingga saat hari H pernikahan aura kecantikan dan ketampanan Anda semakin terpancar.

Simpan Baju Pernikahan dan Lainnya di Tempat yang Aman

Letakkan semua baju pernikahan dan semua perlengkapan pendukungnya di tempat yang aman dan mudah dicari. Sehingga ketika hari H pernikahan Anda bisa dengan mudah mencarinya. 

Mantapkan Hati dan Perbanyak Membaca Doa

Hal yang wajib Anda lakukan menjelang hari pernikahan yaitu selalu berdoa dan minta dimantapkan hatinya dan agar pernikahan Anda bisa berjalan dengan lancar. Pasalnya, biasanya banyak sekali godaan menjelang pernikahan.

Menjaga Kesehatan

Hal yang tidak boleh ketinggalan untuk dilakukan menjelang pernikahan yaitu dengan menjaga kesehatan. Meskipun Anda tengah sibuk mempersiapkan pernikahan serta memikirkan banyak hal terkait pernikahan. 

Namun, jangan sampai hal-hal tersebut membuat Anda melalaikan kesehatan Anda. Misalnya saja, lupa sarapan, kurang berolahraga, dan lainnya.

Memastikan Jadwal Penghulu

Hal lainnya yang juga wajib Anda perhatikan sebelum hari H pernikahan yaitu memastikan jadwal penghulu sesuai rencana sehingga tidak sampai terlambat. Caranya Anda bisa menanyakan kepada pihak kantor urusan agama (KUA) siapa yang bakal menjadi penghulu dan bisa menanyakan nomor teleponnya agar Anda bisa dengan mudah menghubungi penghulunya.

Memastikan Kedatangan Perias 

Selain memastikan jadwal penghulu, Anda juga wajib memastikan jadwal kedatangan perias. Agar perias bisa datang tepat waktu sebaiknya berikanlah lokasi acara pernikahan Anda secara jelas untuk memudahkan perias mencari lokasi Anda.

Mendelegasikan Persiapan Pernikahan Kepada Orang Lain

Menjelang pernikahan pasti banyak hal yang perlu Anda persiapkan, untuk mengurangi pekerjaan Anda, Anda bisa meminta bantuan kepada orang lain yang Anda percaya untuk mengerjakan persiapan pernikahan Anda.

Selain untuk meringankan beban Anda, hal ini juga terbukti sangat efektif bagi Anda untuk menghindari kelelahan dan stres akibat persiapan pernikahan.

Luangkan Waktu untuk Lebih Rileks

Menyiapkan pernikahan memang salah satu hal yang dapat menguras waktu dan tenaga Anda, terutama bagi Anda yang menginginkan pernikahan yang sempurna. Namun, jangan biarkan hal tersebut mengganggu kesehatan Anda dan membuat Anda stres sehingga tidak bisa menikmati pernikahan itu sendiri.

Agar menghindari hal-hal tersebut sebaiknya luangkan waktu sejenak untuk meningkatkan mood Anda. Banyak hal yang bisa Anda lakukan misalnya saja pergi ke salon untuk perawatan, pergi liburan, dan lainnya.

Setiap orang biasanya memiliki caranya tersendiri untuk memanjakan diri dan membuat dirinya lebih rileks.

Nah, itulah beberapa persiapan yang perlu dilakukan sebelum akad nikah atau hari H pernikahan agar pernikahan Anda berjalan dengan lancar. Beberapa hal tersebut dipercaya sangat efektif untuk membantu Anda menjelang pernikahan yang terkadang sering diabaikan.