Apa Saja List Persiapan Pernikahan Tanpa WO?

Apa Saja List Persiapan Pernikahan Tanpa WO?

Menggelar acara pernikahan tanpa bantuan Wedding Organizer atau WO kini menjadi pilihan beberapa pasangan. Alasannya cukup beragam, salah satunya adalah demi menghemat budget dan menggunakannya untuk hal lain yang tidak kalah penting. Agar momen spesial ini berjalan dengan lancar, Anda perlu membuat list persiapan pernikahan tanpa WO dengan cermat. 

Sebagai referensi, berikut beberapa list persiapan pernikahan yang perlu direncanakan jika Anda dan pasangan memilih untuk tidak menggunakan jasa WO.

Budget Pernikahan

Buatlah rincian anggaran dengan baik sekaligus estimasi penggunaan biaya-biaya tak terduga. Hal ini penting dilakukan agar jumlah biaya pengeluaran tidak melebihi budget pernikahan yang telah disepakati bersama. 

Waktu dan Tempat Pernikahan 

Tanggal pernikahan akan menjadi patokan Anda untuk mengurus segala keperluan yang umumnya membutuhkan konfirmasi di awal seperti booking katering, souvenir, hiburan, dokumentasi, dekorasi, kartu undangan dan tempat pernikahan.

Jika Anda memutuskan untuk menyewa gedung pernikahan di Jakarta, pastikan melakukan pemesanan beberapa bulan sebelumnya untuk meminimalisir kemungkinan jadwal yang bentrok dengan acara pernikahan orang lain

Konsep Pernikahan

Tentukan konsep pernikahan yang diinginkan, apakah ingin menggunakan tema internasional atau tema adat tradisional berdasarkan latar belakang kedua mempelai. 

Baju dan Makeup Pernikahan

List persiapan pernikahan tanpa WO yang berikutnya adalah booking jasa makeup dan baju pernikahan. Pastikan memilih gaya riasan dan baju yang sesuai dengan konsep pernikahan yang telah ditentukan.

Jumlah Tamu Undangan

Terakhir tentunkanlah jumlah tamu yang akan diundang, baik dari pihak keluarga Anda maupun keluarga pasangan. Dengan mengetahui kisaran jumlah tamu undangan yang akan hadir, Anda bisa dengan mudah menentukan porsi katering pernikahan dan wedding venue dengan kapasitas yang sesuai. 

Prewedding

Meski prewedding bukan hal terlalu krusial, Anda bisa memanfaatkan momen ini untuk mempermanis acara pernikahan dengan menampilkan foto dan video dari jasa foto prewedding yang terpercaya. 

Itulah sejumlah list persiapan pernikahan tanpa WO yang harus direncanakan sejak jauh hari. Sebagai pengganti WO, Anda bisa membentuk sendiri panitia pernikahan yang terdiri dari dari keluarga dan para sahabat. Dengan begitu Anda dan pasangan bisa mewujudkan acara pernikahan yang diimpikan.