Punya Budget Terbatas? Ini Tips Pernikahan Murah

Punya Budget Terbatas? Ini Tips Pernikahan Murah

Agar pesta pernikahan semakin berkesan, tidak sedikit pasangan yang rela menghabiskan biaya mulai dari ratusan juta hingga milyaran rupiah. Namun bagi pasangan yang memiliki budget terbatas, hal ini tentu menjadi sebuah kendala. Nah, bagi Anda yang juga berencana menikah dengan modal yang tidak terlalu besar, berikut beberapa tips pernikahan murah tapi mewah yang perlu Anda ketahui. 

Merencanakan Anggaran Pernikahan

Pertama, buatlah rincian anggaran pernikahan secara detail. Mulai dari biaya tempat, dekorasi, makeup, baju pengantin, makanan, dokumentasi, souvenir hingga biaya tak terduga lainnya. Dengan merencanakan anggaran pernikahan, Anda dan pasangan tentu memiliki gambaran tentang perkiraaan biaya yang harus dikeluarkan.

Mengadakan Pesta Pernikahan Di Rumah

Selanjutnya pertimbangkan mengadakan pesta pernikahan di rumah untuk mengeliminasi anggaran sewa gedung yang umumnya cukup mahal. Meski hanya di rumah, Anda dan pasangan tetap bisa mewujudkan pesta pernikahan mewah dan berkesan.

Caranya tentu dengan menyiasati dekorasi yang digunakan atau menggelar pesta pernikahan bertema outdoor jika Anda memiliki halaman rumah yang luas. Biaya pernikahan yang diadakan di rumah biasanya tidak akan menghabiskan biaya lebih dari Rp. 15 juta. 

Menyewa Baju Pengantin

Tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk membeli baju pengantin yang hanya digunakan selama 4 sampai 5 jam saja. Anda sebaiknya menyewa baju pengantin untuk menghemat biaya pernikahan. 

Saat ini Anda dapat dengan mudah menemukan jasa sewa baju pengantin terpercaya yang menyediakan banyak variasi model baju pengantin dengan harga yang terjangkau. Harga sewa baju pengantin yang ditawarkan umumnya berkisar antara Rp. 1 juta hingga Rp. 2 juta. 

Memasak Hidangan Pernikahan Sendiri

Tips pernikahan murah tapi mewah yang berikutnya adalah dengan memasak hidangan pernikahan sendiri. Ya, memasak makanan sendiri dinilai membutuhkan dana yang jauh lebih sedikit jika dibandingkan dengan memesan catering. 

Anda bisa meminta bantuan keluarga dan tetangga yang memiliki keterampilan memasak yang baik. Nantinya Anda bisa memberikan imbalan kepada mereka berupa uang serta beberapa hidangan makanan yang telah dibuat.

Mengurangi Jumlah Tamu Undangan

Jumlah tamu undangan merupakan salah satu faktor yang juga sangat mempengaruhi besaran biaya pernikahan. Oleh karena itu, Anda sebaiknya mengurangi jumlah tamu yang akan diundang ke acara pesta pernikahan. Cukup dengan mengundang keluarga, kerabat dan teman-teman terdekat, Anda dan pasangan bisa mengurangi anggaran pernikahan sekaligus memiliki acara pernikahan yang lebih intimate. 

Memilih Jenis Undangan Dan Souvenir Sederhana

Memilih jenis undangan dan souvenir pernikahan yang sederhana bisa memangkas biaya pernikahan  secara signifikan. Di era teknologi yang semakin maju saat ini, Anda juga bisa memanfaatkan aplikasi undangan digital yang pastinya tidak membutuhkan dana besar. 

Selain itu, Anda juga bisa memberikan souvenir undangan unik namun dengan harga yang ramah di kantong seperti, sendok dan garpu dari bahan kayu, gantungan kunci, bross, pouch kecil, dan lain sebagainya.

Menyusun Acara Pesta Yang Kekinian

Terakhir, Anda dan pasangan dapat menyusun acara pernikahan yang kekinian dan menarik. Misalnya dengan memberikan hadiah pada acara pelemparan bunga, adanya penampilan penyanyi lokal secara akustik, hingga mengadakan flashmob pernikahan yang bisa dilakukan oleh teman-teman Anda maupun pasangan. 

Itulah sejumlah tips pernikahan murah tapi mewah yang perlu Anda ketahui. Dengan menghemat biaya pernikahan, Anda dan pasangan bisa menggunakan budget yang tersisa untuk keperluan rumah tangga lainnya.