4 Peran Ibu dalam tumbuh dan kembang Anak

4 Peran Ibu dalam tumbuh dan kembang Anak

Tumbuh kembang anak sangat erat kaitannya dengan ibu bahkan sejak anak belum dilahirkan. Tidak hanya itu, pendampingan yang dilakukan ibu akan tetap dibutuhkan hingga anak tumbuh dewasa. Sebagai seorang ibu, memahami peran dan tanggung jawab Anda dalam perkembangan anak dapat membantu menghadapi tantangan yang muncul dalam prosesnya. Yuk, cari tahu dibawah ini apa saja peran ibu dalam perkembangan anak yang berpengaruh hingga mereka dewasa!

Ibu Sebagai Pendidik

Sebelum menjalani pendidikan di institusi formal seperti sekolah, ibu lah yang berperan sebagai guru bagi anak-anaknya. Salah satu tips parenting yang baik bahkan menyebutkan bahwa peran ibu sebagai pendidik sudah harus dilakukan sejak anak masih di dalam kandungan. Pendidikan yang dimaksud dalam tips parenting tersebut adalah hal-hal yang harus diajarkan ibu kepada anak-anaknya. Bahkan, hal-hal baik yang biasa dilakukan ibu selama mengandung seperti membaca, beribadah, dan lain-lain akan ditiru oleh anak.

Ibu Sebagai Psikolog Bagi Anak

Benar adanya kalimat yang menyatakan bahwa seorang ibu harus serba bisa. Salah satunya adalah dengan menjadi psikolog bagi anak-anak dan keluarganya di rumah. Sebagai sorang ibu, Anda diharapkan dapat memperhatikan dengan baik perkembangan karakter, perilaku, dan kejiwaan anak layaknya seorang psikolog. 

Kejelian Anda sebagai ibu dalam memperhatikan tumbuh kembang aspek psikologis anak akan dapat mendeteksi sedini mungkin apabila terjadi perilaku menyimpang pada anak Anda. Dengan demikian, Anda akan bisa mengambil tindakan-tindakan pencegahan yang diperlukan agar perilaku tersebut dapat dihentikan. Hal ini juga akan menjadi kontribusi Anda dalam menghasilkan anak-anak yang tumbuh menjadi manusia dewasa yang berperilaku baik di masyarakat.

Ibu Sebagai Perawat

Salah satu peran ibu dalam perkembangan anak adalah menjadi perawat bagi mereka. Tidak dapat dipungkiri bahwa ibu merupakan sosok yang paling peduli akan kesehatan anak. Menjadi perawat bagi keluarga bisa dimulai dari pemberian nutrisi yang dibutuhkan bagi tumbuh kembang anak.

Kehadiran ibu ketika anak sakit juga dipercaya dapat mempercepat kesembuhan anak. Bahkan jika anak masih bayi, ASI yang diberikan kepada mereka juga bisa menyembuhkan berbagai penyakit. Ibu biasanya adalah orang yang paling tahu bagaimana membuat anak merasa nyaman ketika mereka sakit. Sehingga proses kesembuhan bisa terjadi lebih cepat apabila ibu ikut “hadir” dalam merawat anak.

Ibu Sebagai Koki Handal

Bagi seorang ibu, memasak bukan hanya kegiatan menyiapkan makanan bagi anggota keluarga. Lebih dari itu, kegiatan ini sebagai cara ibu menjaga kesehatan anak-anak. Ibu akan memastikan bahwa masakan yang disiapkan tidak hanya lezat tapi juga mengandung gizi yang dibutuhkan untuk pertumbuhan dan kesehatan setiap anggota keluarga. Karena itulah, peran ibu dalam perkembangan anak tidak boleh disepelekan.