Penting Tidak Sih, Menentukan Tanggal untuk Pernikahan?

Penting Tidak Sih, Menentukan Tanggal untuk Pernikahan?

Penting dan Tidaknya Menentukan Tanggal Baik untuk Pernikahan

Dalam perjalanan hidup, pernikahan adalah fase yang sangat penting dan krusial untuk setiap pasangan. Karena pada tahap tersebut akan banyak hal baru, pendewasaan, penyesuaian diri serta ajang belajar. Baik untuk menerima pasangan beserta kekurangan dan kelebihannya hingga belajar memahami keluarga baru yang di dapat.

Untuk memasuki tahap tersebut, biasanya akan dipilih tanggal yang baik untuk pernikahan dengan berembuk antar keluarga. Bagi sebagian orang pemilihan tanggal dengan perhitungan tertentu dianggap tidak penting, semua tanggal dianggap baik. Namun, ada juga yang masih berpegang teguh dengan menentukan tanggal pernikahan memakai berbagai perhitungan.

Agar tidak menimbulkan konflik jika terdapat hal yang berbenturan tentang penentuan tanggal ada beberapa hal yang harus diperhatikan diantaranya adalah sebagai berikut:

Ada Baiknya Jika Tanggal Baik Itu Pada Hari Libur

Dalam penentuan tanggal baik ada baiknya jika mempertimbangkan bahwa tanggal tersebut bertepatan dengan hari libur atau tidak. Karena jika bertepatan dengan hari libur maka akan semakin banyak yang bisa menghadiri pernikahan tersebut.

Tanggal Tersebut Tidak Mengingatkan pada Sesuatu yang Sedih

Hal yang satu ini juga layak untuk dipertimbangkan. Jangan sampai tanggal yang telah ditentukan berbarengan dengan sesuatu yang menyedihkan bagi salah satu pihak keluarga.

Sediakan Tanggal Cadangan

Untuk menentukan tanggal pernikahan ada baiknya untuk membuat tanggal tidak hanya satu saja. Diperlukan juga tanggal cadangan. Mengapa demikian? Karena untuk mengantisipasi agar terjadi bentrokan maka tanggal satunya bisa dijadikan pilihan.

Penentuan Tanggal Sejak lama

Dalam menentukan tanggal pernikahan pun usahakan tidak dilakukan dalam waktu yang singkat. Disiapkan jauh-jauh hari agar pasangan calon pengantin beserta keluarga punya banyak waktu untuk melakukan persiapan yang pasti butuh waktu yang tidak sebentar.

Dengan adanya pertimbangan tersebut apakah menentukan tanggal yang baik tersebut sangat penting untuk sebuah pernikahan? Bisa Anda simak penjelasan di bawah ini:

Mitos Orang Jawa

Penentuan tanggal pernikahan kerap disangkut pautkan dengan perhitungan kalender atau primbon Jawa. Hal tersebut dikarenakan banyak sekali mitos pernikahan yang masih berlaku menurut adat Jawa hingga pemilihan tanggal tidak boleh dilakukan secara sembarangan.

Agar Semua Bisa hadir

Menentukan tanggal yang baik tidak selalu demi kepentingan kedua pasangan, alasan lain adalah agar semua tamu yang diundang dapat hadir pada acara pernikahan. Jadi alangkah baiknya jika tanggal pernikahan tersebut bertepatan dengan hari libur hari di saat semua orang punya waktu luang untuk sebuah acara.

Mendatangkan Barokah Bagi Pasangan Pengantin

Semua tanggal bagi sebagian orang dianggap baik. Namun, tidak untuk sebagian yang lain. Penentuan tanggal dianggap penting karena dengan tanggal yang baik akan membawa keberuntungan, kebahagiaan dan barokah bagi pasangan pengantin. Wajar jika ada beberapa bulan yang memang dianggap membawa kebahagiaan.Kini dengan adanya ulasan tersebut di atas sangat masuk akal bahwa ada beberapa orang yang menganggap bahwa tanggal baik untuk pernikahan itu sangat penting. Apalagi jika dikaitkan dengan tradisi dan mitos yang berlaku. Bahwa penentuan  tanggal pernikahan itu sangat berpengaruh pada bahtera rumah tangga yang akan dibina. Semoga Anda yang akan segera menikah dalam waktu dekat telah punya beberapa pandangan tentang kapan tanggal yang bagus serta pertimbangan penting lainnya yang tidak kalah penting dari sebuah tanggal.