Pengertian Kehamilan Menurut WHO , Wajib Baca !!

Pengertian Kehamilan Menurut WHO , Wajib Baca !!

Pengertian Kehamilan Menurut WHO menjadi begitu penting dan butuh perhatian yang intens buat si ibu yang sedang hamil. Adapun bentuk perhatian buat seorang ibu hamil begitu luas dan besar, baik secara fisik maupun mental si ibu hamil. 

WHO, sebagai organisasi kesehatan Perserikatan Bangsa Bangsa atau World Health Organization, itu sudah memberikan rekomendasi dan aturan tentang pentingnya cek kesehatan dan kondisi kehamilan buat si ibu hamil untuk datang ke dokter kandungan atau bidan secara rutin selama 8-9. Atau istilahnya sebagai pemeriksaan Antenatal Care.

Dengan menjalani pemeriksaan Antenatal Care secara rutin itu diharapkan dokter atau bidan bisa mengetahui kondisi pertumbuhan dan perkembangan janin atau calon bayi, apakah berjalan normal atau ada masalah khusus dengan ibu dan janinnya.

Bukan itu saja, pemeriksaan rutin itu bisa mengetahui pula kondisi ibu yang sedang hamil, mengingat setiap ibu hamil memiliki kekuatan fisik dan mental yang berbeda-beda. Termasuk dalam kondisi fisik ibu hamil, ada yang suka merasa mual, ada yang sering kram, nafsu makan kurang, tapi ada juga ibu hamil yang tidak merasakan lemas dan tampak biasa-biasa saja dalam menjalani kehamilannya.

Dengan mengunjungi dokter atau bidan pastinya selalu mendapatkan informasi yang berguna buat ibu hamil, seperti bagaimana menyiapkan diri untuk proses melahirkan, menjalani masa nifas, dan sebagainya yang pasti dibutuhkan oleh si ibu. 

Apalagi jika si ibu baru pertama kali menjalani proses kehamilan dengan Usia Menikah yang Ideal, tentunya berharap semua bisa berjalan lancar, baik, dan dikelilingi oleh orang-orang yang sangat perhatian dalam bentuk pengertian dan memberikan informasi yang benar tentang kehamilan. Termasuk dukungan dari pasangannya dan keluarga dekat untuk melakukan pemeriksaan secara rutin ke dokter kandungan maupun bidan terdekat.

5 Hal yang diperoleh dari Antenatal Care atau Pemeriksaan Kehamilan Rutin

Bentuk perhatian yang besar terhadap kondisi kehamilan seorang ibu merupakan konsep dan Pengertian Kehamilan Menurut WHO. Salah satu hal yang ditekankan oleh salah satu badan PBB tersebut adalah agar ibu hamil selalu melakukan pemeriksaan rutin ke dokter kandungan atau bidan terdekat. 

Mengapa demikian? Berikut 5 hal berguna yang akan Ibu Hamil peroleh jika rutin memeriksakan kehamilannya atau Antenatal Care selama 9-10 bulan, yakni:

  1. Setiap pertemuan dengan dokter kandungan atau bidan, Ibu hamil akan selalu diperiksa fisik dari bobot berat badan, tinggi badan, tekanan darah, dan pemeriksaan khusus jika Ibu memiliki riwayat penyakit tertentu. Ini penting diketahui agar bisa mencegah lebih dini jika teryata penyakit itu menurun ke calon bayi, atau ada hal lain yang tidak terdeteksi kasat mata;
  2. Dengan pemeriksaan rutin, Ibu hamil bisa melihat kondisi janin di perut Ibu dengan alat USG 2,3, atau 4 dimensi, tergantung yang dimiliki dari fasilitas rumah sakit atau tempat bidan bertugas. Darisana, dokter dan Ibu bisa melihat gambaran posisi janin bayi, apakah normal, sungsang, dan sebagainya;
  3. Adapun pemeriksaan rutin itu juga akan memberikan berbagai wawasan tentang kehamilan, makanan dan minuman bergizi dan sehat untuk ibu hamil, pemberian vitamin jika dibutuhkan, dan saran mengatasi mual, lemas, atau kram yang sering dialami oleh Ibu hamil;
  4. Dengan pemeriksaan rutin itu, WHO berharap resiko kematian Ibu hamil dan calon bayi bisa dicegah. Yakni jika ternyata Ibu hamil memiliki riwayat penyakit menurun dan berbahaya buat kondisi si bayi yang ada di perut ibu;
  5. Pemeriksaan rutin itu juga bisa mendeteksi kesehatan mental si Ibu Hamil, apakah mengalami stress berat, kelelahan, dan emosi yang tidak stabil. Jika sangat mengganggu, tentu dokter kandungan akan berkoordinasi dengan pihak psikolog dan psikiater jika diperlukan.

Demikian ulasan mengenai Antenatal Care atau pemeriksaan rutin yang harus dilakukan oleh ibu hamil, dan sudah menjadi perhatian dan Pengertian Kehamilan Menurut WHO. Semoga Bermanfaat.