Ini Dia 5 Tips Parenting Usia 5-10 Tahun  Yang Tepat

Ini Dia 5 Tips Parenting Usia 5-10 Tahun  Yang Tepat

Setiap orang tua pasti menginginkan hal yang terbaik untuk anak. Ibarat buah jatuh tak jauh dari pohonya, anak merupakan cerminan orang tua. Terlebih saat anak memasuki usia 5-10th tentu merupakan usia emas untuk belajar banyak hal. Ini dia lima tips parenting usia 5-10 tahun yang tepat:

Tanamkan Norma Penting

Saat anak memasuki usia lima tahun, anak perlu dididik mengenai lima norma yang penting, diantaranya keadilan, kejujuran, ketabahan, kasih saying, dan empati. Kelima norma tersebut penting untuk ditanamkan dalam benak anak agar tumbuh menjadi pribadi yang baik.

Tunjukkan kepada anak untuk adil dalam segala hal kepada siapapun. Sikap berpikir kritisnya juga perlu dikembangkan untuk tetap jujur dan tabah. Ketabahan inilah yang akan memberikan pengertian kepada anak bahwa tidak semua keinginannya harus dituruti. Memang perlu pengertian dan kesabaran dari orang tua untuk menerapkan norma tersebut.

Selain itu, penting untuk memberikan bukti nyata kasih sayang kepada anak dalam bentuk perbuatan, sekecil apapun itu akan berarti bagi anak. Tanamkan juga rasa empati dan peduli terhadap orang lain. Dengan demikian, perlahan anak akan mengerti perasaannya sendiri dan bisa mengungkapkannya dengan baik.

Bermain dan Belajar

Tips parenting selanjutnya yaitu terapkan keseimbangan antara bermain dan belajar. Hal ini penting untuk membangun keterampilan sosial, emosional, dan cara berpikir anak. Tidak hanya bermain dengan teman-temannya, anak juga perlu bermain didampingi oleh orang tua untuk membuatnya belajar lapang dada meski kalah dari permainan.

Batasi Pemakaian Barang Elektronik

Parenting yang baik perlu dukungan oleh semua penghuni rumah, tidak hanya orang tua saja. Karena itulah anak juga perlu diberi batasan dalam pemakaian barang elektronik, seperti handphone, televisi, tablet, dan sejenisnya.

Pembatasan ini perlu dilakukan agar anak tidak kecanduan terhadap barang digital. Memang saat ini sudah era digitalisasi, namun orang tua perlu membatasi penggunaan barang elektronik. Parenting usia 5-10 tahun ini penting agar anak memiliki karakter yang baik dan bisa membagi waktunya.

Jawab Pertanyaan Mereka dengan Logis

Anak usia 5-10th sering mengajukan pertanyaan kepada orang tua. Pertanyaan anak harus bisa dijawab dengan logis dan benar. Memang terkadang sulit menjelaskan ke anak mengenai hal-hal baru yang belum diketahuinya. Jangan memarahi anak jika banyak bertanya karena inilah yang akan membangun pemikiran kritis anak dalam menghadapi hal-hal di sekitarnya.

Biasakan Konsumsi Makanan Sehat

Tips terakhir yang perlu orang tua tahu yaitu mengenai konsumsi makanan sehat. Anak dengan pertumbuhan emas di usia 5-10th memerlukan nutrisi seimbang dan sempurna untuk perkembangannya.

Konsumsi camilan, buah, dan sayur sangat diperlukan anak agar paham makanan yang beragam dan bernutrisi. Jika anak tidak suka sayur, cobalah beri pengertian pelan-pelan dan biasakan pola makan yang teratur.Itulah kelima tips parenting usia 5-10 tahun yang perlu orang tua ketahui. Pahami dan perhatikan tips di atas agar anak Anda bisa tumbuh dengan baik dan tentunya berkarakter.