Isi Paket Pernikahan Adat Betawi dan Ciri Khasnya

Isi Paket Pernikahan Adat Betawi dan Ciri Khasnya

Indonesia memiliki budaya yang berbeda-beda di setiap daerahnya, hal ini yang membuat ada berbagai prosesi pernikahan yang beragam di Indonesia. Salah satunya, adalah pernikahan dengan adat Betawi. Banyak orang yang mencari paket pernikahan adat Betawi untuk mewujudkan pernikahan impiannya. 

Pernikahan adalah suatu prosesi yang sangat sakral di berbagai adat di Indonesia. Termasuk, dalam adat Betawi ada berbagai rangkaian acara yang harus dilakukan. Upacara pernikahan adat Betawi memang biasanya dibedakan menjadi beberapa tahapan. 

Ciri Khas dalam Pernikahan Adat Betawi

Setelah seseorang dalam adat Betawi mencapai usia menikah yang ideal pastinya akan segera di ngedelengin atau prosesi pencarian jodoh dalam adat Betawi. Seperti, yang disebutkan sebelumnya pernikahan adat Betawi terdiri dari berbagai tahapan. 

Dalam tahapan itu, ada beberapa hal yang membuat pernikahan dalam adat ini begitu unik. Berikut adalah ciri khas pernikahan adat Betawi yang perlu diketahui.

Tradisi Palang Pintu

Palang pintu adalah semacam tradisi penyambutan dari pihak perempuan pada pihak laki-laki. Sebelum masuk ke dalam rumah calon pengantin perempuan. Sang calon pengantin laki-laki harus menghadapi penjagaan rumah si pengantin perempuan. 

Biasanya pintu ini dijaga oleh jawara Betawi, pengantin laki-laki bisa menghadapi sang jawara ini sendiri. Mungkin juga, bisa diwakilkan dengan jawara lain atau jawara di keluarga pengantin laki-laki. 

Hantaran Pernikahan yang Penuh Makna 

Hantaran pernikahan merupakan tradisi yang dilakukan di berbagai prosesi pernikahan di Indonesia. Namun, hantaran pernikahan di adat Betawi sedikit berbeda, karena makna di dalamnya. Hantaran dalam adat Betawi antara lain seperti. 

  • Kekudang yang merupakan barang kesukaan pengantin perempuan. 
  • Petisie yang berisi bahan-bahan masak mentah untuk pesta. 
  • Maket Masjid sebagai pesan agar calon pengantin selalu beribadah. 
  • Sirih, gambir, kapur, pala, dan pinang sebagai simbolisme pahit dan getir kehidupan yang harus dijalani bersama sebagai suami dan istri. 

Malam Pacar Bagi Pengantin Perempuan 

Dalam pernikahan adat Betawi, semalam sebelum acara pernikahan dilangsungkan. Pengantin perempuan, ibu, dan saudaranya akan melewati malam pacar. Jadi, kuku tangan maupun kuku kaki pengantin akan diwarnai merah dengan pacar oleh saudara perempuan atau ibunya. 

Isi Paket Pernikahan Adat Betawi 

Seperti yang disebutkan sebelumnya, ada banyak sekali penyedia jasa yang menyediakan paket pernikahan dengan adat Betawi ini. Isi dari paket pernikahan ini biasanya terdiri dari :

  • Make up dan Busana Penjaga buku tamu. 
  • Busa Among Pria 
  • Make Up Among Wanita 
  • Busana untuk orang tua pengantin. 
  • Busana dan make up pengantin untuk resepsi
  • Busana dan make up untuk akad nikah. 
  • Aksesoris khas Betawi yang dibutuhkan. 

Itulah isi paket pernikahan adat Betawi dan juga ciri khas pernikahan dalam adat ini. Adat pernikahan seperti ini merupakan hal yang harus dilestarikan.