Menikah Di Rumah ? Ini 5 Persiapan Pernikahan di Rumah!

Menikah Di Rumah ? Ini 5 Persiapan Pernikahan di Rumah!

Resepsi Pernikahan di Rumah? Kenapa Tidak

Resepsi adalah puncak yang dilakukan pasangan pengantin untuk melengkapi prosesi pernikahan. Bahkan, persiapan pernikahan yang dilakukan beberapa bulan sebelumnya hanya untuk pesta beberapa jam ini. Mulai dari pemilihan tempat, konsep acara, dekorasi, tata rias hingga hidangan pesta menjadi kebutuhan acara resepsi.

Resepsi adalah hal yang paling memerlukan biaya besar, walaupun bisa disiasati dengan berbagai macam cara, salah satunya adalah menggelar pesta pernikahan di rumah. Jika Anda memiliki rumah yang cukup luas dengan lokasi yang cukup strategis, mengapa tak melakukan resepsi ini di rumah sendiri?

Tips Melakukan Persiapan Pernikahan di Rumah

Mengadakan pesta pernikahan di rumah bukan berarti budget yang Anda susun akan turun drastis, namun paling tidak Anda bisa menghemat biaya sewa gedung. Biaya ini bisa digunakan untuk kebutuhan lain, selain itu mengadakan resepsi pernikahan di rumah juga mempunyai fleksibilitas waktu yang lebih baik.

Ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan saat melakukan persiapan pernikahan di rumah, antara lain:

Batasi jumlah tamu sesuai dengan kapasitas tempat

Memang penting saat menggelar pesta pernikahan, kita mengundang semua teman-teman dan keluarga. Namun selain mempengaruhi biaya pernikahan, jumlah tamu undangan ini juga akan berpengaruh pada ketersediaan tempat. Hindari mengundang orang yang terlalu banyak, padahal Anda memiliki halaman rumah yang tidak terlalu luas. Pernikahan biasanya mengundang 500 tamu undangan. Mengapa tidak dikurangi menjadi 300 tamu undangan saja, sehingga tempat akan lebih lega dan budget menjadi lebih hemat.

Bersihkan Rumah serta Lingkungan Sekitar

Sebelum mengadakan pesta pernikahan, bersihkan rumah serta lingkungan sekitar. Hal ini sangat disarankan karena kebersihan akan mencerminkan pribadi Anda. Selain itu lingkungan yang bersih akan membuat tamu menjadi nyaman saat menghadiri acara resepsi.

Minta Izin Pada Tetangga dan RT

Karena Anda akan menggelar sebuah acara di rumah, jangan lupa meminta izin pada tetangga yang berada di sekitar rumah serta perangkat desa seperti RT. Anda dapat meminta persetujuan , hal ini dikarenakan Anda akan menutup akses jalan menuju ke rumah mereka selain itu Anda juga akan mengganggu jam istirahat mereka. Jangan lupa, libatkan beberapa tetangga sebagai panitia pesta pernikahan.

Siapkan pasokan listrik

Listrik adalah salah satu kebutuhan primer untuk menggelar acara resepsi. Oleh sebab itu, pastikan sudah melengkapi sumber daya listrik untuk acara ini. Jangan sampai, saat acara berlangsung, listrik padam. Anda bisa menyewa genset selama beberapa hari untuk mengantisipasi pemadaman listrik.

Pilih Dekorasi yang Tepat

Pernikahan yang dilangsungkan di rumah biasanya memiliki konsep homey. Oleh sebab itu, hindari menggunakan terlalu banyak hiasan entah di pelaminan atau di pintu selamat datang. Selain itu pastikan pencahayaan serta sirkulasi udara yang cukup, jangan sampai tamu undangan merasa gerah saat menghadiri pesta pernikahan Anda. Untuk kursi tamu yang ditempatkan di dalam ruangan, Anda bisa memberikan beberapa kipas angin di sana, sehingga tamu tidak akan merasa kegerahan.

Lakukan Perencanaan dengan Matang

Sah-sah saja menggelar resepsi di rumah, namun pastikan Anda sudah melakukan persiapan pernikahan yang matang. Anda juga harus mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga seperti hujan, penataan meja dan kursi tamu yang sempit, hingga banyaknya jumlah tamu yang datang tidak sesuai dengan undangan yang disebar. Antisipasi hal-hal tersebut agar pernikahan bisa berjalan dengan lancar.