Intip Makanan Tradisional Pernikahan Palembang

Intip Makanan Tradisional Pernikahan Palembang

Menyelenggarakan pernikahan adat seluruh Indonesia memang memiliki beberapa hal yang perlu dipersiapkan secara matang jauh – jauh hari, tak terkecuali menyelenggarakan pernikahan adat Palembang. Dari mulai busana pengantin, dekorasi, sampai makanan tradisional pernikahan Palembang juga tak luput dari perhatian.

Masakan daerah Palembang memang terkenal dengan cita rasanya yang kaya. Lantas, apa saja makanan tradisional pernikahan Palembang yang bisa ditemukan pada saat pesta pernikahan ? Berikut beberapa ulasannya.

Nasi Minyak

Nasi minyak merupakan olahan nasi dengan minyak samin. Umumnya berwarna kuning, namun juga bisa ditemukan nasi minyak berwarna merah yang terbuat dari campuran tomat. Nasi minyak diolah dengan ditambahkan beberapa rempah – rempah sehingga rasanya menjadi lebih gurih.

Nasi minyak dihidangkan dengan berbagai macam lauk seperti olahan daging, olahan ikan maupun lainnya. Seperti rendang daging sapi, kari ayam, balado tahu telur, ayam kecap, acar, ikan suwir, sambal dan lainnya.

Kue Maksuba

Kue tradisional ini tidak pernah absen untuk disajikan di acara pernikahan maupun lebaran dan acara besar lainnya. Kue maksuba merupakan kue basah yang berwarna cenderung kuning dan sering dibawa oleh calon pengantin pria yang bertandang ke rumah calon pengantin perempuan.

Tekwan

Makanan ini terdiri dari bakso kecil yang diberi kuah udang yang hangat. Biasanya disajikan dengan mie, bawang goreng, potongan jamur dan toping lain yang membuat tekwan menjadi sangat lezat.

Kue Delapan Jam

Kue Delapan Jam ini menjadi kue tradisional yang cukup sering dijumpai di acara pernikahan adat Palembang. Rasanya yang legit, manis. Proses memasaknya dibuat dengan dipanggang selama 8 jam agar membuat kue ini matang dengan sempurna, salah satu alasan yang menjadikan kue tradisional ini selalu populer.

Pempek

Makanan populer yang hampir seluruh masyarakat Indonesia mengetahuinya. Pempek merupakan makanan olahan ikan yang diberi kuah cuko yang segar menjadikan pempek begitu populer dan bahkan juga disajikan menjadi snack favorit di menu tradisional pernikahan Palembang. 

Ragit

Salah satu makanan khas Palembang ini terbuat dari adonan tepung terigu, telur, air, dan juga garam yang biasanya disajikan dengan kari ayam maupun sapi. Makanan ini juga sering disebut dengan istilah roti jala karena kemiripannya dengan roti jala.

Laksan

Laksan ini terbuat dari pempek yang diberi dengan kuah santan berwarna merah. Rasanya yang pedas ditambah dengan pempek yang gurih cita rasa laksan sangat menggiurkan dan menambah selera makan.

Es Kacang Merah

Menyajikan makanan tradisional pernikahan Palembang tanpa hidangan yang menyegarkan ini tentu kurang lengkap. Es kacang merah ini terbuat dari kacang merah yang ditambahkan dengan santan dan serutan es yang sangat menyegarkan untuk melepas dahaga atau sebagai hidangan penutup.