Ini Dia Daftar Makanan Khas Seluruh Indonesia

Ini Dia Daftar Makanan Khas Seluruh Indonesia

Mendengar tentang makanan khas seluruh Indonesia rasanya membutuhkan banyak waktu untuk mencoba mencicipinya satu persatu. Terlebih lagi, Indonesia memiliki banyak daerah yang juga memiliki makanan khasnya sendiri.

Tidak jarang, kita juga bisa menjumpai makanan khas di acara pernikahan adat seluruh Indonesia. Tapi tentu saja tidak semua tersajikan. Lantas, apa saja makanan khas yang ada diseluruh Indonesia? Berikut beberapa ulasannya untukmu.

Mi Aceh

Makanan khas seluruh Indonesia pertama datang dari Aceh. Sajian mi tebal ditambahkan dengan irisan daging, bawang goreng dan topping lain yang sangat beragam dan lengkap ini menjadikan mi aceh menjadi salah satu favorit dan tujuan destinasi wisata kuliner saat berkunjung ke Aceh.

Rendang

Dinobatkan menjadi makanan terenak di seluruh dunia, tidak memungkiri bahwa makanan khas Sumatera ini memang sangatlah lezat. Daging dimasak dengan menggunakan santan kental dan membutuhkan waktu memasak yang sangat lama hingga membuat bumbu meresap dengan sempurna dan bahkan bisa bertahan sampai berhari – hari.

Pempek

Tentu tidak asing dengan makanan satu ini. Makanan olahan ikan dengan dicampur kuah cuko yang segar. Kepopuleran makanan khas Palembang ini bahkan bisa dijumpai di hampir seluruh wilayah yang ada di Indonesia sebagai jajanan kaki lima.

Kerak Telor

Makanan khas betawi ini bisa ditemukan dengan mudah di Jakarta. Terbuat dari olahan telur bebek ataupun ayam dengan beras ketan dan dicampur dengan ebi, bawang goreng dan bumbu – bumbu lainnya. Cara memasaknya yang unik  membuat kerak telor menjadi salah satu makanan yang wajib dicoba saat berkunjung ke Jakarta.

Karedok

Makanan khas tanah sunda ini terbuat dari olahan sayuran mentah seperti kacang panjang, daun kemangi, terong atau leunca, ubi, mentium, dan taoge serta kol. Yang menjadi ciri khas karedok adalah adanya oncom bakar dan ditaburi dengan sausnya yang terbuat dari bumbu kacang.

Garang Asem

Makanan khas dari Jawa Tengah, Garang Asem ini merupakan masakan olahan ayam yang terasa pedas dan asam. Garang Asem banyak disajikan dengan lauk pendamping lain seperti sate ayam, tempe goreng maupun perkedel kentang.

Gudeg

Makanan khas Yogyakarta dengan citarasa yang manis terbuat dari olahan buah nangka muda. Rasanya yang legit ditambah dengan santan kental, dilengkapi dengan lauk ayam melengkapi sajian gudeg khas Yogyakarta.

Ayam Taliwang

Makanan tradisional dari Nusa Tenggara Barat ini sangat populer karena kelezatan dan bumbunya yang sangat kaya. Biasanya disajikan bersama dengan sayuran tumis seperti plecing kangkung.

Papeda

Membahas makanan khas seluruh Indonesia, rasanya tiada habisnya. Salah satunya makanan tradisional yang cukup populer di seluruh Indonesia yaitu Papeda. Merupakan olahan bubur sagu khas, makanan khas dari Maluku dan Papua ini biasanya disajikan dengan masakan ikan berkuah. Makanan yang tinggi serat dan banyak nutrisi.