Check List Pernikahan: Wajib Ada di Tahun Depan!

Check List Pernikahan: Wajib Ada di Tahun Depan!

Pernikahan merupakan salah satu momen yang diimpikan oleh semua orang di dunia. Sebelum Anda menggelar acara sakral ini, ada baiknya menyiapkan check list pernikahan yang wajib ada di tahun depan.

Jika Anda punya rencana menikah di tahun 2024, sebaiknya bergegas menyiapkan demi kelancaran acara. Terlebih, tahun 2023 masih cukup panjang , jadi anda bisa menyiapkan dari sekarang.

Selain mas kawin dan seserahan ada beberapa check list pernikahan yang wajib dipersiapkan agar acara Anda berjalan lancar. Beberapa daftar yang harus dipersiapkan antara lain:

Budget Pernikahan

Budget menjadi elemen paling fundamental dalam mempersiapkan pernikahan Anda. Berapapun biayanya, Anda harus merencanakan sesuai dengan kemampuan dan tidak perlu memaksakan hal yang dianggap tak perlu. 

Jika budget pernikahan Anda terbatas, tidak perlu berkecil hati karena yang terpenting acara sakral ini bisa berjalan dengan baik.

Yang perlu diingat adalah, Anda harus menyisihkan 10 persen dari budget pernikahan untuk biaya tidak terduga. Biaya yang tak terduga ini bisa saja untuk penggantian piring atau gelas milik vendor yang pecah dan harus diganti.

Vendor Pernikahan Sesuai Budget

Jika Anda memilih menggunakan jasa wedding organizer (WO) untuk pernikahan, maka Anda tidak perlu repot mencari vendor lainnya, seperti baju, makeup dan lainnya. Karena mereka semua sudah satu paket.

Namun, bagi yang tidak menggunakan jasa WO, sangat disarankan untuk mencari vendor yang sesuai budget, mulai dari dekorasi, makeup, dokumentasi, hingga vendor baju pengantin. Carilah vendor yang sesuai dengan kantong agar Anda tidak merasa tercekik karena masih ada biaya lain yang harus dikeluarkan.

Administrasi Pernikahan

Untuk calon pengantin Muslim, ada biaya administrasi pernikahan yang harus disiapkan di Kantor Urusan Agama (KUA) sesuai kecamatan tempat Anda menikah. Biasanya, biaya administrasi ini sebesar Rp600 ribu.

Daftar Tamu

Undanglah teman dan kerabat terdekat yang pasti bisa datang sebagai tamu di pernikahan Anda. Cara ini sangat efisien untuk menghemat anggaran pernikahan Anda dan mengetahui jumlah tamu yang akan datang.

Ketika Anda sudah mengetahui jumlah tamu yang akan datang, maka Anda bisa memprediksi jumlah makanan yang harus disiapkan. Sangat disarankan Anda menyiapkan makanan sebanyak dua kali lipat dari jumlah undangan. Sebab, tamu yang Anda undang bisa saja membawa pasangan.

Itulah check list pernikahan yang wajib diperhatikan di tahun 2023, selain mas kawin dan seserahan.