List Pernikahan meliputi Apa Saja ya?

List Pernikahan meliputi Apa Saja ya?

Dalam mempersiapkan acara pernikahan, terutama bagi yang rencana Tanggal Nikah di 2024 maka perlu dipersiapkan sejak sekarang segala sesuatunya. Mau menggunakan tema pesta resepsi pernikahan dengan secara tradisional atau ala pernikahan eropa, atau timur tengah, atau amerika selatan, dan lain sebagainya. Bisa minta bantuan WO (Wedding Organization) supaya lebih mudah. Sebaiknya buat dulu list pernikahannya.

Wedding Cheklist atau List Pernikahan

List pernikahan atau wedding list itu dimulai sejak sebelum lamaran, dan sebelum akad, serta sebelum resepsi. 

Hal Krusial List Pernikahan

Beberapa hal yang perlu diurus terlebih dahulu adalah menentukan tema pernikahan, mau secara terbuka outdoor atau secara indoor di dalam gedung. Lalu dapatkan tempat penyelenggaraan acaranya sesuai hari H nya. Kalau di gedung maka pastikan telah tersedia jadwalnya di hari H, dan bayar DP nya. Kemudian bisa pikirkan dan atur hal-hal wedding check list yang lainnya.

Cakupan List Pernikahan

wedding check list meliputi beberapa hal berikut ini :

Tanggal dan Waktu Acara

Baik itu tanggal lamaran, akad nikah hingga tanggal pesta resepsi nikahnya, berikut jam rencana pelaksanaannya. Hubungi pihak terkait, dalam hal ini seperti pihak KUA (Kantor Urusan Agama) atau gereja dan lain sebagainya termasuk orang tua kedua mempelai dan kerabat keluarga besar serta sahabat juga. Pastikan bisa hadir di saat hari H nya.

Berkas Dokumen

Lengkapi seluruh berkas dokumen yang dipersyaratkan untuk bisa sah nikah.

Siapkan Tempat

Lalu pilih dan siapkan tempat pelaksanaanya, baik tempat untuk rencana acara lamaran, yang biasanya di kediaman calon mempelai wanita, dan tempat acara akad nikah, juga tempat rangkaian acara upacara pernikahan seperti tempat dan peralatan siraman, tempat malam midodareni, atau tempat pesta bujang, hingga tempat acara akad nikah, dan tempat menggelar acara pesta resepsi pernikahan. Dalam pemilihan tempat persiapkan juga tempat parkir bagi para tamu undangan.

Undangan dan Souvenir

Pastikan seluruh tamu undangan menerima undangan dan juga pastikan mengenai kehadirannya. Jasa WO bisa membantu mengenai hal ini, hingga termasuk souvenirnya.

Konsep dan Dekorasi

Pilih dan persiapkan juga dengan konsepnya beserta dekorasinya.

Wedding Venue

Rencanakan secara teliti segala sesuatunya termasuk wedding venue-nya. Sesuaikan dengan tema acara secara keseluruhan.

Katering

Pilih menu dan juga vendor kateringnya dengan tepat.

Hiburan

Pilih dan persiapkan juga dengan pengisi acara hiburannya sesuai selera dan anggarannya.

Busana dan Riasan

Lalu yang tak kalah pentingnya adalah pemilihan busana dan tata rias make up nya.

Itulah antara lain checklist pernikahan.