Tips Beberes Sebelum Lebaran Bersama Keluarga

Tips Beberes Sebelum Lebaran Bersama Keluarga

Lebaran atau Hari Raya Idul Fitri semakin dekat. Siapkah Anda untuk menyambut hari raya ini?

Ada cukup banyak hal yang bisa dilakukan untuk menyambut datangnya hari raya umat Islam ini. Selain memasak opor serta mempersiapkan baju baru, Anda pun bisa membersihkan rumah agar perayaan lebaran di rumah terasa kian meriah. 

Pada dasarnya, membersihkan rumah ketika mendekati lebaran sama saja dengan Anda membersihkan rumah umumnya. Hanya saja, ada sejumlah hal yang perlu Anda perhatikan untuk membantu memaksimalkan momen hari raya atau lebaran lebih nyaman di rumah. 

Jadi, bagaimana cara membersihkan rumah saat menjelang lebaran? Berikut ini sejumlah tips bersih-bersih sebelum lebaran untuk Anda. 

Atur Jadwal untuk Membersihkan Rumah

Tips bersih-bersih sebelum lebaran pertama yang perlu dilakukan sebelum Anda mulai bersih-bersih rumah, yakni mengatur jadwal. Hal itu karena banyak ruang di rumah dan bagian rumah harus dibersihkan, Anda dapat mulai bersihkan rumah H-3 ataupun H-1 sebelum hari raya atau lebaran. 

Buat jadwal tepat untuk bersihkan rumah. Supaya hemat tenaga, Anda dapat bersihkan bagian rumah dengan bertahap. Misalnya, mulai dari bersihkan kamar mandi, kemudian di esok harinya bisa lanjut membersihkan ruang tamu, dan bagian ruang lainnya. 

Tak hanya bersihkan rumah, Anda pun harus perhatikan furnitur rumah. Jangan lupa Anda mencuci karpet, gorden, sarung bantal sofa, dan lain-lainnya minimal seminggu sebelum lebaran. 

Pembagian Tugas untuk Bersihkan Rumah

Jika Anda tinggal dengan keluarga lainnya, maka Anda dapat membagi tugas untuk bersihkan rumah sebelum lebaran. Sehingga pekerjaan akan terasa lebih ringan karena dikerjakan dengan bersama-sama. 

Selain membuat rumah akan terlihat lebih rapi, membersihkan rumah bersama dengan keluarga akan membuat lebih kompak. 

Menyiapkan Alat Kebersihan

Sebelum Anda memulai membersihkan rumah, ada baiknya Anda menyiapkan alat-alat kebersihan lebih dulu. Siapkan sapu, lap, kain pel, kemoceng, cairan pembersih, dan lain sebagainya. 

Bedakan pula peralatan untuk bersihkan area yang tertentu dengan area yang lainnya. Misalnya, membedakan sapu dalam rumah dan sapu luar teras. Dengan begitu, area yang bersih menjadi tak tercemar area yang kotor. 

Membersihkan Ruang Tamu

Ruang tamu jadi area utama sebagai tempat singgah tamu. Oleh karena itu, Anda perlu untuk membersihkannya dengan sebaik mungkin bahkan bila perlu, beri ruangan dekorasi khas lebaran. 

Membersihkan Kamar Mandi Jelang Lebaran

Selain ruang tamu, kamar mandi pun jadi area yang kerap dipakai tamu. Pakailah cairan desinfektan untuk bersihkan kamar mandi pada seluruh bagian. Jangan lupa untuk mengisi ulang sabun cuci tangan, menyikat wastafel, dan menyikat kloset. 

Membersihkan Dapur serta Meja Makan

Makan bersama merupakan salah satu kegiatan lebaran yang tak dapat dilupakan. Biasanya Anda serta keluarga menyantap makanan lebaran atau Hari Raya seperti ketupat dan opor seusai sholat Idul Fitri. 

Apalagi jika Anda mengadakan open house, pastinya banyak kerabat yang makan bersama di rumah dan juga pastinya area dapur atau meja makan akan menjadi sangat ramai. Oleh sebab itu, pastikan Anda bersihkan ruang makan dan dapur dengan benar.

Sejumlah area seperti kompor, meja makan, serta tempat memasak, kulkas, serta sudut yang lainnya di dapur perlu untuk dibersihkan. Dapur bersih akan membuat tamu-tamu menjadi nyaman. 

Membersihkan Area Teras dan Halaman Rumah

Halaman depan rumah jadi area pertama yang akan tamu perhatikan. Anda perlu untuk bersihkan area tersebut supaya lebih rapi. Anda dapat memotong rumput yang telah meninggi dan potong daun-daun yang layu. Anda pun dapat menambah tanaman hias baru supaya tampilan area halaman menjadi lebih segar. 

Jika masih sempat, ada baiknya Anda mengecat ulang dinding luar rumah supaya tampak baru. 

Itulah sejumlah tips bersih-bersih sebelum lebaran. Sambut hari raya umat Islam, Hari Raya Idul Fitri dengan sukacita dan rumah yang bersih serta nyaman bagi keluarga dan tamu.