Tips Mengelola Keuangan Untuk Acara Sunatan

Tips Mengelola Keuangan Untuk Acara Sunatan

Menggelar acara sunatan atau khitan tak jarang membutuhkan biaya tak sedikit. Apalagi dalam prosesnya, Anda membutuhkan bantuan dokter hingga mengundang orang-orang terdekat untuk syukuran. Maka dari itu, orang tua harus bijak mengatur budget untuk mencegah pengeluaran berlebih.

Adapun hal-hal yang sebaiknya Anda siapkan untuk menghemat biaya khitanan mencakup:

Riset budget

Riset membantu Anda memperkirakan biaya berbagai kebutuhan, dari dokter yang menyunat, katering, dan keperluan lain terkait acara. Informasi ini bisa didapatkan melalui pencarian online maupun menanyakannya kepada kerabat dan teman yang sudah mengkhitan anak mereka.

Setelah mendapatkan perkiraan biaya, Anda dan pasangan dapat mulai menabung. Entah dengan menyisihkan sebagian penghasilan bulanan atau mencari pekerjaan sampingan. Hitung juga berapa lama sampai uang terkumpul untuk memenuhi semua keperluan.

Sederhana, tetapi intim

Saat hendak menggelar khitanan besar-besaran, pikirkan tujuan yang sebenarnya ingin dituju. Apa Anda memilihnya sebagai bentuk syukur atau sekadar gengsi? Sekiranya memberatkan di biaya, tak ada salahnya memilih konsep sederhana, tetapi intim. 

Libatkan anak yang akan menghadapi langsung prosedur tersebut. Karena tak semua anak nyaman dikelilingi banyak orang atau malu gara-gara disaksikan tamu yang tidak dia kenal. Bahkan ada yang sampai menangis sebelum sunat dilakukan.

Jasa dan paket terjangkau

Jasa dalam hal ini berhubungan dengan dokter dan ahli yang menyediakan layanan khitan. Harga dapat bervariasi tergantung metode dan reputasi mereka. Pastikan pihak penyedia jasa memiliki pengalaman yang baik dalam menangani acara sunatan.

Sementara Anda yang menggunakan organizer sebaiknya pilih paket terjangkau. Jangan sampai paket yang dipilih ternyata tak sesuai kebutuhan dan malah menguras tabungan. Akibatnya, Anda harus menunda rencana untuk mengkhitan anak.

Masak makanan sendiri

Strategi lainnya yang akan membantu Anda menghemat biaya khitan adalah memasak makanan sendiri. Sekilas, hal ini terdengar merepotkan, tetapi kalau dihitung, biaya yang disiapkan cenderung lebih murah dibandingkan saat memesan dari katering.

Selain itu, Anda bisa menyesuaikannya dengan makanan favorit anak agar dia semakin semangat dan tidak takut mengikuti prosedur khitan. Acara keluarga ini pun bakal berjalan khidmat tanpa harus menggelontorkan dana besar untuk makanan.

Batasi jumlah undangan

Semakin banyak tamu yang datang, semakin besar pula bujet yang disiapkan. Akali dengan membatasi jumlah tamu yang ingin diundang. Anda bisa memangkasnya dengan menetapkan kapasitas maksimal, misalnya 30 orang dari saudara terdekat.

Lagi, libatkan anak dalam penentuan tamu undangan kalau memungkinkan. Siapa tahu si Kecil mempunyai beberapa teman yang ingin diajak untuk merayakan momen tersebut. Kemudian, Anda bisa tanyakan ketersediaan orang tua mereka untuk datang.

Semoga setelah menyimak tips ini, Anda akan lebih siap menyelenggarakan acara sunatan yang bermakna!