6 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

6 Cara Menjaga Keharmonisan Rumah Tangga

Apakah Anda dan pasangan merasa sudah tidak romantis lagi karena sudah menikah cukup lama? Anda tidak sendiri karena ada banyak pasangan yang mengalami hal serupa. Meskipun normal, hal ini sebaiknya tidak Anda biarkan berlarut-larut jika ingin menjaga pernikahan Anda tetap harmonis. Berikut ini cara menjaga keharmonisan walaupun sudah menikah lama yang bisa Anda terapkan dalam rumah tangga.

Pahami Satu Sama Lain

Pertengkaran dalam rumah tangga kerap terjadi akibat pasangan yang kurang memahami satu sama lain. Usia pernikahan tidak menjadi jaminan pasangan bisa saling memahami jika tidak diusahakan. Pasangan suami istri wajib bekerja sama untuk bisa saling memahami satu sama lain. Tidak ada salahnya bapak mengurus anak seharian saat libur agar ibu bisa menikmati me time barang sejenak.

Saling Menjaga Komunikasi

Seberapa sering Anda berkomunikasi dengan pasangan setelah menikah lama jika dibandingkan dengan saat masih berpacaran dulu? Komunikasi adalah faktor penting untuk menjaga keharmonisan rumah tangga. Setelah menjadi pasangan suami istri selama bertahun-tahun, Anda mungkin sudah tidak pernah berkirim pesan dengan pasangan. Oleh karena itu, tidak ada salahnya Anda sesekali mengirim pesan pada pasangan agar pasangan merasa lebih dihargai.

Anda juga perlu meluangkan waktu untuk mengobrol berdua, misalnya setelah pulang kerja atau saat anak sudah tidur. Anda bisa mengobrolkan segala kegiatan dan perasaan Anda hari itu agar hubungan Anda sebagai pasangan tetap terbuka.

Surprise! Surprise!

Ya, salah satu cara menjaga keharmonisan walaupun sudah menikah lama yang bisa Anda praktekkan adalah memberi kejutan pada pasangan Anda. Apakah kejutan tersebut harus selalu berupa barang mahal atau tiket jalan-jalan ke luar pulau atau bahkan luar negeri? Tentu saja tidak. Kejutan sederhana pun bisa menjadi momen yang menyenangkan apalagi jika Anda sudah hidup bersama pasangan cukup lama dengan rutinitas yang itu-itu saja. Kejutan sesimpel tiba-tiba pulang kerja lebih awal bisa menunjukkan kepedulian Anda pada pasangan. Dengan begitu, keharmonisan rumah tangga bisa tetap terjaga.

Romantic Dinner

Makan malam romantis boleh jadi merupakan agenda rutin untuk Anda dan pasangan ketika masih berpacaran atau masih pengantin baru. Sayangnya, agenda ini semakin sering ditinggalkan seiring dengan semakin bertambahnya usia pernikahan. Tentu makan makan malam romantis tak melulu harus dilakukan di restoran mewah. Anda bisa memasak dan menata meja sendiri di rumah untuk menikmati candle light dinner di rumah setelah menitipkan anak-anak di rumah kakek-nenek misalnya.

Mempelajari Hal Baru Bersama

Selama mengarungi bahtera rumah tangga selama bertahun-tahun, Anda dan pasangan sudah mengalami pahit-manis kehidupan berdua. Tidak ada salahnya mencoba mempelajari atau melakukan hal baru berdua untuk menjaga keromantisan pasangan. Anda bisa mencari hobi yang sama sekali baru dan bisa Anda lakukan berdua bersama pasangan. Anda bisa mencoba melakukan olahraga baru bersama atau mengikuti kelas seni berdua.

Terima Kasih dan Maaf

Terima kasih dan maaf mungkin merupakan salah satu hal yang paling penting diajarkan untuk membentuk karakter anak. Akan tetapi, hal ini juga merupakan salah satu cara menjaga keharmonisan walaupun sudah menikah lama. Penting untuk menunjukkan apresiasi kepada pasangan tidak hanya melalui ucapan melainkan juga melalui tindakan, misalnya berupa pelukan. Meskipun sederhana, cara ini bisa menumbuhkan kembali benih cinta yang mulai pudar setelah melalui bertahun-tahun kehidupan berdua. Jangan gengsi untuk meminta maaf saat melakukan kesalahan dan berupaya untuk tidak mengulangi perbuatan yang sama di masa depan jika ingin kehidupan rumah tangga Anda senantiasa harmonis.