Perlukah Jasa Baby Sitter Untuk Mengasuh Anak ?

Perlukah Jasa Baby Sitter Untuk Mengasuh Anak ?

Memakai jasa babysitter untuk membantu kita merawat anak memang sering menjadi pro dan kontra. Pada satu sisi, Anda dan keluarga ingin merawatnya seorang diri. Namun, terkadang akan terkendala oleh beberapa hal, misalnya tidak akan memungkinkan karena kedua orangtuanya harus pergi bekerja. Inilah yang sering menjadi dilema perlukah baby sitter untuk membantu kita. Lalu apakah menggunakan jasa baby sitter merupakan langkah yang tepat ?

Apa Itu Baby sitter ?

Baby sitter adalah seseorang yang memiliki pengalaman dengan sebuah pelatihan atau keterampilan untuk dapat merawat bayi. Secara umumnya baby sitter ini bisa disebut dengan perawat bayi. Tugas dari baby sitter ini meliputi segala hal yang berkaitan dengan bayi. 

Misalnya, menggantikan popok, memandikan bayi dan menjaga kebersihannya, menjaga kesehatan bayi, menjaga keamanan bayi dan membuatkan makanan bayi dan hal lainnya yang berhubungan dengan bayi dan bukan untuk mempersiapkan barang untuk seserahan adat jawa.

Perlukah Menggunakan Baby Sitter ?

Setiap orangtua pastinya selalu menginginkan yang terbaik untuk keluarganya terutama buah hatinya. Keinginan inilah yang membuat para orangtua terutama Ibu rela melepas pekerjaannya dan lebih memilih mengasuh sendiri anaknya. Walaupun begitu, masih ada banyak Ibu pekerja di aneka parcel hantaran pernikahan yang tetap bekerja dan lebih memilih menggunakan jasa baby sitter untuk membantu merawat dan mengasuh buah hatinya.

Berkaitan dengan pengasuhan anak, baik itu diasuh sendiri maupun menggunakan jasa baby sitter, adalah hal yang sama baiknya. Ada beberapa alasan yang membuat Ibu tidak dapat mengasuh anaknya sendiri dan harus meminta bantuan jasa baby sitter. Bukan karena malas, Ibu yang menggunakan jasa baby sitter hanya tidak mau anaknya merasa terabaikan atau tidak terawat dengan baik selama Ia sedang bekerja.

Jadi bila ada pertanyaan perlukah baby sitter ? Maka semua itu akan tergantung dari kebutuhan Anda sebagai orang tua. Mengurus rumah tangga, anak beserta suami ini bukan merupakan sebuah perkara yang mudah untuk dilakukan. Terutama bila Anda adalah seorang wanita karir. 

Jika sudah merasa tidak bisa untuk melakukannya sendiri, menggunakan jasa baby sitter untuk membantu mengurus anak tidak apa jika dilakukan. Tapi harus di ingat pilihlah yang sama seperti ketika Anda akan memilih jenis seserahan adat jawa dan juga daftar hantaran pernikahan lengkap.

Tips Memilih Jasa Baby Sitter yang Kompeten 

Saat akan memilih baby sitter yang amanah tidak akan jauh berbeda seperti saat akan mencari macam2 seserahan untuk wanita dan menjalankan tugasnya dengan baik ini cukup sulit untuk dilakukan. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena di luaran sana, masih banyak baby sitter yang dapat membantu menjaga anak Anda dengan benar dan baik. Berikut ini adalah tips untuk mencari baby sitter yang bertanggung jawab dan kompeten :

Usahakan pilih yang sudah pernah mengikuti pelatihan kerja 

Mempercayakan buah hati kita kepada orang lain adalah sesuatu yang sulit kecuali situasinya memang mendesak seperti ketika Anda mencari daftar barang seserahan pernikahan. Jadi, sebisa mungkin Anda memilih baby sitter yang terbaik. Hal ini memang tidak akan selalu bisa untuk dijadikan patokan utamanya, tetapi lebih baik jika memilih baby sitter yang sudah pernah mengikuti pelatihan.

Mengasuh anak ini memang bukan sebuah pekerjaan yang mudah untuk dilakukan, karena akan membutuhkan banyak tenaga dan juga kesabaran yang ekstra. Setidaknya bila baby sitter sudah pernah mengikuti pelatihan, mereka akan mengetahui dan paham dengan apa saja tanggung jawab yang harus dikerjakan. Selain itu, mereka sudah memiliki wawasan lewat pelatihan kerja sehingga akan membuat mereka tidak bekerja secara asal.

Tanyakan hal yang berkaitan dengan pekerjaan baby sitter 

Selayaknya seperti melamar kerja dan memilih harga pasaran hantaran pernikahan pada umumnya dengan melakukan wawancara, Anda dapat menanyakan banyak hal kepada baby sitter supaya nantinya lebih mengenal sifat dan wataknya. Jangan lupa juga mempersiapkan beberapa pertanyaan yang harus ditanyakan.

Misalnya, Anda dapat tanyakan berapa lama sudah pernah bekerja sebagai baby sitter sampai menanyakan kepemilikan sertifikat pelatihannya. Jika dibutuhkan, Anda juga boleh untuk meminta diperlihatkan bentuk fisiknya dari sertifikat tersebut supaya lebih aman dan juga terpercaya.

Hal penting lainnya, Anda juga harus menanyakan apakah baby sitter itu dapat mengobati luka maupun melakukan pertolongan pertama jika anak-anak mengalami cedera. Ini adalah bentuk dari antisipasi Anda supaya terhindar dari hal – hal yang tidak diinginkan. Saat bertemu secara langsung perhatikan juga gerak geriknya hal ini harus dilakukan secara teliti seperti sedang mencari harga paket seperangkat alat sholat.

Mempertimbangkan usia dari baby sitter 

Sebagai bentuk dari kehati-hatian, Anda harus mempertimbangkan usia dari baby sitter yang nantinya akan Anda pekerjakan. Jika memiliki usia yang masih terlalu muda, maka Anda harus memikirkan kembali. Sebab, bisa saja mereka masih dalam emosi yang labil dan tidak stabil. Hal ini memang tidak akan semudah Anda mengetahui daftar belanja seserahan.

Lebih baik memilih baby sitter dengan usia yang matang, sudah menikah, dan mempunyai anak. Sehingga nantinya dapat lebih tahu bagaimana mengurus anak dengan cara yang baik dan benar. Dengan menggunakan cara ini Anda tidak akan terlalu meragukan kemampuan yang dimilikinya dalam mengurus anak.

Pastikan sudah memenuhi kualifikasi umum dari baby sitter 

Saat akan memilih baby sitter dan cara menghias parsel pernikahan, ada beberapa kualifikasi umum yang akan dibutuhkan. Kualifikasi ini berkaitan dengan baby sitter tersebut adalah seseorang yang jujur, mempunyai akal sehat, pembawaannya menyenangkan, bertanggung jawab, dan ramah. Jika nantinya bisa memenuhi seluruh kualifikasi, maka Anda dapat mempertimbangkan dan mempekerjakannya. 

Namun, seluruh kualifikasi yang nantinya dirasakan tidak dapat terpenuhi atau hanya setengahnya saja, maka lebih baik untuk tidak dilanjutkan. Namun, bagi Anda yang ingin mengetahui sikap dan sifat dari baby sitter lebih mendalam lagi, maka dapat mencoba untuk mempekerjakannya 2 minggu.

Amati terlebih dahulu kinerja dari baby sitter 

Banyak Ibu yang tidak ingin mengambil risiko dengan poin yang satu ini sama seperti cara merangkai seserahan pernikahan karena anak nantinya harus berinteraksi secara langsung dengan para baby sitter. Namun, di sisi lainnya Anda dapat mengetahui lebih lanjut cara baby sitter tersebut mengasuh dan merawat anak Anda.

Berikan waktu selama 2 minggu agar Anda bisa memperhatikan kinerja dari baby sitter. Jika dibutuhkan, Anda dapat menaruh CCTV diam-diam di beberapa sudut ruangan di rumah Anda. Lewat CCTV ini, Anda akan mengetahui kinerja dari baby sitter tersebut.

Berdasarkan dengan uraian yang ada di atas lalu perlukah baby sitter untuk membantu Anda mengasuh anak, pastinya semua itu akan tergantung dari kebutuhan setiap orangtua itu sendiri. Mencari baby sitter yang paling cocok dengan kita itu hampir serupa dengan cara mendekor hantaran pernikahan, yang membutuhkan waktu lama. Anda dapat mencari baby sitter secara teliti dan dapat menggunakan tips yang sudah disebutkan di atas.