Jangan Takut! Ini Dia Kelebihan Menikah Di Usia Muda

Jangan Takut! Ini Dia Kelebihan Menikah Di Usia Muda

5 Kelebihan Menikah di Usia Muda

Pernikahan memanglah menjadi suatu keinginan besar setiap orang. Entah kapanpun berlangsungnya, pernikahan tetaplah menjadi dambaan yang senantiasa ditungu-tunggu. Banyak orang yang memimpikan untuk sesegera mungkin menuju pelaminan, namun terkadang kita dibebani oleh rumor-rumor yang menyatakan bahwa menikah di usia muda pasti banyak risikonya.

Misalnya saja kesiapan lahir batin yang masih diragukan, kemampuan finansial, kesehatan reproduksi, kesiapan untuk memiliki anak, dan masih banyak lagi. Anak muda dirasa belum siap untuk menghadapi pasang-surut gelombang rumah tangga yang luar biasa.

Namun, tetap saja bagi anak muda zaman sekarang, khususnya yang berusia di atas 20 dan/atau 25 menganggap mereka sudah siap untuk menuju ke jenjang kehidupan yang selanjutnya, menikah. Bagi kamu yang memiliki target menikah usia muda, tak perlu takut dengan segala risiko yang ada. Ternyata banyak sekali keuntungan yang di dapat ketika kita menikah muda.

Berikut ini beberapa kelebihan bagi kamu yang menikah muda:

Membentuk diri lebih dewasa

Menikah muda tentu saja merupakan suatu hasil atas keputusan yang kamu ambil. Tidak semua orang mampu untuk mengambil keputusan ini. Artinya, kamu sudah selangkah lebih dewasa untuk itu. Menikah muda juga akan membuatmu lebih dewasa lagi. Terlebih juga akan membuatmu lebih bertanggungjawab. Tentu saja tidak hanya bertanggungjawab untuk diri sendiri, namun untuk keluarga yang kamu bina. 

Menjadi motivasi untuk hidup yang lebih baik

Menikah adalah keputusan untuk memulai perjalanan baru seumur hidup, artinya jika kamu hanya mengandalkan kamu yang sekarang, maka sangat kecil kemungkinan untuk survive. Menikah akan memaksamu untuk selalu menjadi lebih baik dari hari ke hari. Tentu saja agar rumah tangga selalu harmonis. Banyak orang yang menyarankan bahwa setelah menikah seharusnya pasangan muda lebih banyak belajar.

Bersama-sama merencanakan masa depan

Inilah hal yang menyenangkan dari menikah muda. Menikah muda tentu saja akan membuat kamu dan pasanganmu memiliki rencana ke depan yang lebih banyak, tentu saja dengan semangat jiwa muda yang membara. Tak hanya itu, rencana masa depan yang kamu susun tidak lagi sendirian, namun bersama-sama dengan pasangan. Tentu saja hal ini akan membuatmu lebih bersemangat dan memiliki sudut pandang yang lebih luas daripada biasanya.

Usia yang tidak jauh berbeda dengan anak

Jika kamu menikah muda dan berencana untuk segera memiliki momongan, mungkin ini adalah pilihan yang tepat. Sebab kamu akan memiliki anak yang usianya tidak jauh berbeda dengan usia kamu. Jika kamu menikah di usia 24 tahun, maka 23 tahun lagi saat anak kamu berusia 23 tahun dan memiliki pekerjaan, maka usia kamu masih di angka 47 tahun. 

Hubungan anak-orangtua yang menyenangkan

Kedekatan usia antara anak dan orangtua juga berpengaruh terhadap hubungan yang dibina antara keduanya. Begitupun dengan pola asuhnya. Ketika kamu mampu mengoptimalkan kesempatan ini, maka anak bisa menjadi lebih dekat bukan hanya sekedar hubungan anak-orangtua, namun bisa menjadi teman sepermainan, teman curhat, teman berbagi pendapat dan sudut pandang. Seorang anak yang dididik oleh ibu rumah tangga muda cenderung memiliki pemikiran yang terbuka dan aktif belajar.

Nah, itu tadi beberapa kelebihan jika kamu memutuskan untuk menikah di usia muda. Jangan takut dengan risiko yang ada, kamu hanya perlu mempersiapkannya dengan benar dan bijak. Semoga bermanfaat.