Inilah Tanggal Baik untuk Pernikahan Menurut Hitungan Jawa

Inilah Tanggal Baik untuk Pernikahan Menurut Hitungan Jawa

Berikut Rekomendasi Tanggal Baik untuk Pernikahan Menurut Perhitungan Jawa yang Wajib Anda tahu

Sebuah pernikahan pastinya akan menjadi hari yang spesial bagi setiap pasangan. Banyak hal yang dilakukan untuk mewujudkan sebuah pernikahan impian. Dengan menyiapkan konsep acara yang meriah, gaun pernikahan yang indah, dekorasi hingga tempat yang spesial di mana hari tersebut akan dirayakan.

Salah satu yang tak kalah penting dipersiapkan jauh hari adalah dengan menentukan tanggal baik untuk pernikahan. Hampir semua lapisan masyarakat Indonesia dari berbagai suku masih menganut tradisi yang kental bahwa menentukan tanggal pernikahan tidak boleh dilakukan sembarangan. Semuanya harus diperhitungkan secara matang dengan harapan akan membawa kebaikan bagi semua pihak.

Utamanya suku Jawa yang mempunyai perhitungan tanggal yang baik untuk dijadikan sebagai tanggal pernikahan. Berikut ini adalah ulasannya, simak yuk!

Bulan Besar

Bulan besar juga disebut sebagai bulan Dzulhijah dalam kalender Islam. Pada bulan ini jangan kaget jika Anda mendapati banyak pasangan yang menikah karena menurut perhitungan Jawa bulan ini memang sangat baik untuk dijadikan sebagai bulan pernikahan.  Pada bulan ini terdapat tanggal yang baik untuk dijadikan tanggal pernikahan yaitu pada tanggal 5,12, dan 14 Dzulhijjah.

Bulan Syawal

Bulan selanjutnya yang dikatakan bagus untuk mengadakan sebuah pernikahan adalah pada bulan Syawal yaitu pada hari raya Idul Fitri. Pada bulan ini pun ramai pasangan yang melakukan pernikahan. Konon, menurut kepercayaan orang Jawa bahwa pasangan yang menikah pada bulan ini akan selalu mengalami kebahagiaan dalam pernikahannya.

Tidak ada tanggal khusus yang bagus untuk pernikahan karena semua dianggap bagus, asalkan tidak melebihi bulan Syawal karena telah memasuki bulan Dulkaidah di mana bulan ini merupakan bulan larangan untuk menikah karena akan membawa keburukan.

Bulan Rajab

Bulan Rajab yang jatuh sebelum Ramadhan tiba juga kerap dijadikan bulan yang bagus untuk menikah. menurut kepercayaan yang menikah pada bulan ini akan membawa keuntungan yang besar. Yang perlu diketahui bahwa ada beberapa tanggal yang harus dihindari menurut perhitungan Jawa karena akan membawa kesialan yaitu tanggal 1,6,11 dan 13.

Bulan Jumadil Akhir

Bulan Jumadil Akhir adalah bulan berikutnya yang menurut orang Jawa sangat bagus untuk mengadakan pernikahan, sebab sesuai perhitungan Primbon Jawa bahwa bulan ini identik dengan kekayaan hingga pasangan yang menikah pada bulan ini akan selalu mendapat anugerah  kekayaan dan harmonis dalam keluarga. Adapun tanggal yang direkomendasikan adalah tanggal 2,10 dan 14 Jumadil Akhir

Bulan Ruwah

Selain bulan Rajab yang datang sebelum Ramadhan tiba, bulan Ruwah adalah bulan selanjutnya sebelum bulan Ramadhan datang. Pada bulan ini juga banyak pasangan yang berbondong-bondong melakukan pernikahan. Alasan mengapa memilih bulan ini adalah karena sesuai kepercayaan orang Jawa bahwa bulan ini sangat baik untuk melakukan pernikahan serta alasan lain adalah agar saat puasa sudah mempunyai pasangan. Pasangan yang menikah pada bulan ini dipercaya akan memperoleh ketenangan dan  keselamatan dalam pernikahannya. Tanggal yang baik yang direkomendasikan adalah tanggal 1,5 dan 14.Nah, dengan penjelasan tentang tanggal baik untuk pernikahan kini Anda pastinya telah punya bayangan  ditanggal manakah Anda akan menikah. masing-masing tanggal pada bulan tersebut mempunyai keistimewaan sendiri-sendiri. Yang harus selalu diperhatikan adalah tidak melakukan pernikahan pada tanggal yang menurut orang Jawa tidak baik karena akan mendatangkan kesedihan.