Ini Checklist 10 Daftar Persiapan Pernikahan Paling Utama

Ini Checklist 10 Daftar Persiapan Pernikahan Paling Utama

Melakukan Perencanaan Pernikahan dengan baik

Siapa yang tak ingin menikah dengan pesta yang sesuai dengan keinginan dan sukses? Untuk mendapatkan pernikahan yang sukses memang membutuhkan persiapan pernikahan yang matang. Pernikahan menjadi acara yang sakral dan sebisa mungkin berlangsung satu kali dalam hidup. Setiap pasangan sudah pasti mempunyai impian pesta yang meriah. Tidak bisa dipungkiri bila merencanakan sebuah pesta pernikahan tidak mudah dilakukan, ada berbagai macam list yang harus dipastikan.

List Daftar Persiapan Pernikahan

Dari begitu banyaknya hal-hal yang menyangkut pesta pernikahan, ada beberapa list yang paling utama, antara lain:

Anggaran Biaya

Anggaran biaya pernikahan merupakan hal yang sangat sensitif, karena anggaran mencangkup seluruh hal yang bersangkutan dengan pesta pernikahan Anda mulai dari undangan, katering, souvenir, hiburan, dekorasi dan yang lainnya. Setelah Anda membicarakan anggaran dan gambaran biaya pesta pernikahan Anda, segera rencanakan untuk mengumpulkan dana. Hindari memaksakan keuangan agar bisa menggelar pesta pernikahan yang mewah, selain itu jangan lupa menyediakan dana darurat untuk pembiayaan tidak terduga.

Tanggal Pernikahan

Untuk penetapan tanggal pernikahan, Anda bisa menyiapkan 2 tanggal untuk 2 acara yakni acara lamaran dan pernikahan. Meskipun semua tanggal baik, namun tanggal pernikahan harus tetap ditentukan agar bisa dijadikan sebagai patokan.

Tema dan Konsep Pernikahan

Pada sesi pemilihan tema, Anda bisa memilih tema yang Anda dan pasangan sukai. Selain itu, tema juga dipilih berdasarkan list WO. Biasanya jasa WO memiliki tema tradisional, serta western.

Jumlah Tamu

Perlu diketahui jika jumlah tamu akan mempengaruhi banyak hal, oleh sebab itu diskusikan jumlah tamu dengan seluruh keluarga. Kuota tamu ini dibedakan menjadi beberapa skala. Untuk skala besar biasanya dihadiri 1000 hingga 2000 tamu, skala pesta sedang dihadiri oleh 500 hingga 700 tamu, dan pesta privat hanya 200 orang saja.

Lokasi Pernikahan

Setelah Anda sudah menentukan jumlah tamu, penentuan lokasi pernikahan akan lebih mudah karena bisa disesuaikan dengan jumlah undangan. Saat sudah menentukan lokasi pernikahan, segera lakukan survei dan booking dari jauh-jauh hari.

Baju Pengantin

Dengan tema yang sudah disiapkan, Anda bisa langsung memilih gaun dan jas untuk mempelai pengantin. Serasikan busana antara pengantin dan keluarga agar terlihat rapi. Tidak ada salahnya memilih kostum yang sesuai dengan tema pernikahan.

Kartu Undangan

Persiapan pernikahan ini berkaitan erat dengan jumlah tamu undangan. Meskipun Anda bisa menggunakan kartu undangan elektronik, namun Anda harus tetap membuat kartu undangan formal untuk mengundang kerabat dekat atau orang yang lebih tua. Untuk menghemat budget, pilih undangan yang simpel namun menarik.

Dekorasi

Untuk masalah dekorasi, lakukan survei terlebih dahulu untuk menilai hasil dekorasi dari vendor pilihan Anda. Buat list vendor yang terpercaya, dan konsultasikan apakah mereka bisa menerima dekorasi yang Anda inginkan atau tidak.

Hiburan

Pesta pernikahan tidak dapat lepas dari hiburan. Hiburan akan menghidupkan suasana pesta Anda. Sesuaikan hiburan dengan tema pesta pernikahan sehingga suasana tema, busana, dan hiburan menjadi serasi.

Wedding Organizer

Wedding Organizer adalah jasa khusus yang akan membantu persiapan pernikahan Anda. Keuntungan penggunaan jasa WO, Anda tidak perlu bingung memikirkan konsep pernikahan, gedung, dekorasi dan yang lainnya. WO akan menghemat waktu, Anda hanya perlu mencari WO yang sesuai dengan budget.