Ini 5 Persiapan Pernikahan Paling Penting untuk Pria

Ini 5 Persiapan Pernikahan Paling Penting untuk Pria

Persiapan Pernikahan Calon Pengantin Pria

Persiapan pernikahan harus dilakukan dengan sepenuh hati agar acara pernikahan itu sendiri bisa berlangsung dengan lancar sesuai harapan sang pengantin dan keluarganya. Memang benar bahwa ada banyak jenis persiapan yang perlu dilakukan mulai dari venue pernikahan, undangan, katering, dan lain sebagainya. Namun, persiapan individu juga tidak kalah pentingnya.

Kedua calon pengantin harus mempersiapkan diri mereka masing-masing agar bisa menjalani acara pernikahan dengan lancar. Kali ini kita akan membahas lebih khusus tentang persiapan yang harus dilakukan oleh sang calon pengantin pria. Banyak yang mengira bahwa persiapan pria sebelum menikah akan lebih sederhana daripada persiapan wanita, apakah memang benar begitu?

Sama seperti wanita, ada banyak hal juga yang harus dipersiapkan oleh pria sebelum ia melangkah ke pelaminan. Menjelang acara pernikahan berlangsung, ada banyak hal yang harus dilakukan oleh calon pengantin pria. Para pria tak boleh bermalas-malasan menunggu hari pernikahan mereka karena mereka harus mempersiapkan diri dengan baik.

Persiapan untuk Pria

Memang benar bahwa keperluan pria lebih sederhana dari wanita. Mungkin jika dilihat dari keperluan pakaian, persiapan kaum pria jauh lebih mudah untuk dilakukan. Namun, bukan berarti tidak ada persiapan yang perlu dilakukan. Karena pada dasarnya setiap pria juga ingin tampil dengan sempurna di hari pernikahan mereka, sama seperti pasangan wanitanya.

Selain sibuk mempersiapkan pesta pernikahan, ada persiapan individual yang harus dilakukan oleh calon pengantin pria. Jangan sampai acara pernikahan yang diharapkan sekali seumur hidup ini tidak dipersiapkan dengan maksimal. Berikut adalah 5 jenis persiapan pernikahan yang penting untuk dilakukan oleh para pria :

Pakaian Pernikahan

Tidak hanya wanita, pria juga harus mengenakan pakaian terbaiknya ketika menikah. Calon pengantin pria sebaiknya mempersiapkan baju pengantin mereka sejak jauh-jauh hari. Diskusikan dulu dengan calon pengantin wanita, konsep pakaian seperti apa yang diinginkan barulah anda bisa mulai mencari pakaian yang paling nyaman dan ukurannya sesuai badan.

Kesehatan Tubuh

Kesehatan harus benar-benar dijaga menjelang hari pernikahan. Anda tentu tidak ingin jatuh sakit pada hari pernikahan anda, bukan? Jagalah kondisi kesehatan dengan makan yang sehat, rajin berolahraga, istirahat cukup, dan lain sebagainya. Apalagi anda juga harus tetap fit untuk menghadapi malam pertama bersama sang istri tercinta.

Mahar Pernikahan

Mahar pernikahan merupakan hal wajib yang harus diberikan pihak pengantin pria kepada pengantin wanita. Lebih baik persiapkan mahar pernikahan sejak jauh-jauh hari agar tidak kesulitan lagi begitu mendekati hari H pernikahan. Berikan mahar pernikahan sesuai dengan kemampuan diri sendiri, tidak perlu terlalu memaksakan.

Kondisi Finansial

Seorang pria sejati harus memiliki persiapan finansial yang baik ketika akan menikah. Menjelang hari pernikahan, calon pengantin pria harus memiliki perencanaan finansial yang baik. Sebenarnya tidak masalah jika belum mendapat pekerjaan asalkan ada rencana yang jelas di masa depan mengenai kondisi finansial keluarga kecil yang akan dibangunnya.

Mental yang Kuat

Semua calon pengantin pria harus memiliki mental yang kuat menjelang hari H acara pernikahan mereka. Setelah menikah nanti, tanggung jawab seorang pria akan bertambah berat. Ia harus bertanggung jawab pada istri dan anak-anaknya kelak. Jadi, pastikan anda mempersiapkan mental anda dengan baik sebelum menjalani pernikahan.

Itulah tadi 5 jenis persiapan yang penting untuk dilakukan oleh calon pengantin pria. Baik pria maupun wanita sebaiknya saling mendukung satu sama lain dan memberikan bantuan untuk mempersiapkan diri mereka masing-masing. Persiapan pernikahan akan berjalan dengan lancar dan terasa ringan jika kedua calon pengantin saling memberikan dukungan.