Ini 5 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Calon Mempelai Wanita!

Ini 5 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Calon Mempelai Wanita!

Persiapan Calon Mempelai Wanita Sebelum Menikah

Mempersiapkan pernikahan tentunya bukan hal yang mudah dan butuh perencanaan yang matang. Baik pihak wanita maupun pria, keduanya sama-sama memiliki tugas masing-masing dalam merencanakan pernikahan. Lalu apa saja persiapan calon mempelai wanita sebelum menikah? Berikut ulasannya.

Persiapan Mental

Menikah dan berumah tangga bukan pekerjaan yang selesai dalam satu atau dua hari, tapi akan berjalan terus selamanya. Untuk itu perlu persiapan mental yang benar-benar matang sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Yakinkan diri bahwa menikah adalah jalan yang tepat dan memang Anda inginkan bersama pasangan.

Untuk lebih menguatkan mental, sering-seringlah melihat pasangan yang sudah menikah di sekitar Anda, baik itu orangtua, saudara, atau rekan kerja. Lihat sisi positif dari kehidupan rumah tangga mereka dan mantapkan diri bahwa Anda juga ingin merasakannya.

Terlibat dalam Perencanaan Pernikahan

Calon pengantin wanita juga harus aktif dalam perencanaan pernikahan, mulai dari masalah anggaran, memilih vendor atau wedding organizer, menentukan konsep pernikahan, hingga memilih tamu udangan. Diskusikan semua detail acara dengan pasangan dan keluarga besar. Semakin aktif terlibat, maka acara pernikahan juga akan lebih sesuai dengan harapan.

Perawatan Wajah dan Tubuh

Persiapan calon mempelai wanita pasti tak bisa lepas dari perawatan tubuh dan wajah. Jadi agar terlihat sempurna di hari-H, manjakan diri untuk sementara waktu dengan pergi ke salon atau spa. Melakukan perawatan seperti ini juga sangat baik untuk menaikkan mood dan rasa percaya diri. Tak hanya itu, perawatan tubuh juga akan berguna untuk mempersiapkan malam pertama atau bulan madu. Bila Anda tampil cantik dan terlihat fresh, pasangan Anda juga akan merasa senang, bukan?

Selain perawatan dari luar, usahakan jaga pola makan dan perbanyak konsumsi sayur dan buah. Anda tidak perlu menjalani diet ketat apalagi melakukan diet dengan metode yang aneh-aneh dan penuh resiko. Jangan lupa juga untuk berolahraga agar tubuh selau fit dan sehat. Mengingat acara pernikahan akan memakan waktu yang cukup lama, Anda pastinya butuh stamina tubuh yang lebih kuat agar tetap terlihat segar di sepanjang acara.

Jaga Komunikasi dengan Pasangan

Mempersiapkan pernikahan akan membuat calon pengantin sibuk dan tak punya waktu untuk bersantai. Terkadang, kesibukan yang begitu padat akan memicu stres dan membuat si calon pengantin lebih sensitif. Akibatnya, ia akan mudah emosi sekalipun terhadap masalah-masalah kecil.  Jadi jangan heran bila nantinya akan ada konflik atau perdebatan di tengah-tengah persiapan menikah.

Ini adalah hal yang sangat wajar, tapi usahakan untuk selalu bersikap tenang dan sering-seringlah berkomunikasi dengan pasangan. Bila komunikasi terjaga dengan baik, maka masalah sekecil apapun akan bisa dihindari sehingga tak akan terjadi konflik.

Skill Hidup Mandiri

Calon pengantin wanita wajib memilikiskill hidup mandiri seperti memasak, mencuci baju, membereskan rumah, hingga mampu mencari penghasilan sendiri. Walau begitu, Anda juga tidak perlu menguasai semua kemampuan tersebut. Misalnya memasak, Anda tidak harus pandai memasak seperti koki-koki handal di luar sana, yang penting Anda tahu dasar-dasarnya seperti cara menanak nasi atau menggoreng lauk.

Kenapaskillhidup mandiri harus masuk dalam persiapan calon mempelai wanita? Karena tidak ada yang tahu pasti bagaimana kehidupan rumah tangga ke depannya. Bisa jadi nantinya Anda tidak mampu menyewa asisten rumah tangga atau harus ikut mencari nafkah untuk memenuhi kebutuhan keluarga. Jadi, mempersiapkan diri untuk hidup mandiri adalah langkah yang tepat bagi setiap calon mempelai.