Ini 5 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Calon Mempelai Pria!

Ini 5 Hal yang Harus Dipersiapkan oleh Calon Mempelai Pria!

Persiapan Calon Mempelai Pria Menjelang Pernikahan

Pernikahan adalah momen besar yang butuh banyak persiapan dan harus dilakukan bersama-sama. Tak hanya pengantin wanita, persiapan calon mempelai pria juga cukup banyak dan mungkin akan lebih berat. Apabila Anda menginginkan pernikahan yang sempurna, siapkan 5 hal berikut dengan benar-benar matang.

Persiapan Mental

Seorang laki-laki punya tanggung jawab yang sangat besar setelah menikah. Ia harus bisa menjaga istri, mencari nafkah, dan harus bisa menjadi ayah yang baik ketika sudah memiiki seorang anak. Karena itulah calon mempelai pria harus punya mental yang kuat sebelum menikah.

Yakinkan diri bahwa Anda sudah memilih pasangan yang tepat dan bisa diajak berbagai suka dan duka. Pahami juga tugas-tugas seorang suami dan ayah agar nantinya tidak kaget ketika sudah berumah tangga.

Siapkan Anggaran Pernikahan

Menyediakan anggaran atau bujet pernikahan sebenarnya bisa dilakukan oleh siapa saja, bisa pihak pengantin pria, wanita, atau justru ditanggung berdua. Meski demikian, akan lebih etis apabila pengantin pria menanggung sebagian besar biaya pernikahan. Kalaupun tidak sanggup, bicarakan dengan pasangan dan tetaplah memberikan kontribusi yang sesuai dengan kemampuan Anda.

Intinya, jangan sampai lepas tangan terhadap masalah biaya. Bila Anda tidak punya banyak uang dan sebagian besar pengeluaran pernikahan ditanggung oleh pihak perempuan, maka tugas Anda adalah sebisa mungkin mengurus hal-hal lain untuk meringankan beban pasangan Anda, misalnya mencari vendor pernikahan, mencari venue, menyiapkan mahar, hingga ikut menyebarkan undangan.

Pilih Mahar yang Sesuai

Persiapan calon mempelai pria berikutnya adalah memilih mahar atau mas kawin untuk pasangan. Mahar bisa berupa apa saja, mulai dari uang, perlengkapan ibadah, perhiasan, hingga cincin kawin. Mahar memang tidak harus selalu mahal dan mewah, yang penting bisa bermanfaat dan punya kesan tersendiri bagi calon pengantin.

Siapkan Tempat Tinggal Bersama Pasangan

Sama seperti budget pernikahan, mempersiapkan tempat tinggal setelah menikah lebih etis dilakukan oleh pihak pengantin pria. Tapi tentu saja hal ini tidak mutlak dilakukan dan harus tetap memperhatikan faktor-faktor lain seperti kondisi finansial. Bila punya budget yang memadai dan mampu membeli rumah, pastinya tidak akan jadi masalah. Tapi bagi Anda yang memiliki budget terbatas, Anda bisa mengontrak rumah atau menumpang di rumah orangtua terlebih dahulu.

Satu hal yang perlu diperhatikan, baik membeli atau mengontrak rumah, sebaiknya siapkan tempat tinggal sebelum acara pernikahan dimulai. Jadi ketika sudah resmi menikah, Anda tidak perlu lagi repot-repot mencari rumah dan bisa segera hidup berdua dengan pasangan Anda.

Berlatih Menjalani Prosesi Pernikahan

Upacara pernikahan mungkin terlihat mudah, tapi apabila Anda terlalu gugup, bukan tidak mungkin acara pernikahan akan jadi berantakan. Jadi sebelum hari-H, pastikan Anda sudah mengetahui hal-hal apa saja yang harus dilakukan.

Misalnya dalam pernikahan secara Islam, seorang pria wajib mengucapkan kalimat ijab kabul dengan jelas dan benar. Ucapan seperti ini harus dilatih berulang-ulang kali hingga benar-benar hafal. Atau misalnya Anda menggunakan konsep pernikahan adat, maka Anda juga harus paham dan tahu betul bagaimana cara melakukan tradisi-tradisi pernikahan yang sudah ditentukan.

Itu tadi 5 persiapan calon mempelai pria sebelum menikah. Menyiapkan acara pernikahan memang bukan hal yang gampang, tapi apabila semuanya dilakukan dengan tenang dan hati yang bahagia, pernikahan pasti akan berjalan lancar dan jadi momen yang tak terlupakan.