Ingin Menikah Dengan Budget Minim? Jangan Khawatir!

Ingin Menikah Dengan Budget Minim? Jangan Khawatir!

Pernikahan sejatinya merupakan momen spesial bagi setiap pasangan. Rangkaian acara sakral dikonsep dengan baik dan siap untuk diwujudkan. Berbagai persiapan pun kerap dilakukan dengan sangat baik, yang mengkhawatirkan banyak pasangan adalah kebutuhan tersebut membutuhkan budget yang tidak sedikit. Lalu, bagaimana kalau caranya menikah dengan budget minim? tapi disatu sisi banyak hal yang ingin kita buat sebaik mungkin.

Menikah dengan budget minim menjadi keinginan setiap calon pengantin. Ada banyak cara yang dapat kamu lakukan agar keinginan tersebut dapat tetap terwujud.

Cari Gedung Sejak Jauh-Jauh Hari

Gedung atau lokasi pernikahan adalah salah satu hal penting yang harus kamu persiapkan. Dengan budget pernikahan yang minim, sebaiknya kamu mencari gedung tempat pernikahan sejak jauh-jauh hari. Biasanya harga gedung akan menjadi lebih murah jika kamu booking sejak jauh-jauh hari dibandingkan jika kamu memesannya mendekati hari pernikahan. Tidak perlu mencari gedung yang terlalu mewah, yang penting nyaman dan bisa menampung semua tamu.

Batasi Jumlah Tamu Undangan

Keinginan untuk mengundang seluruh sahabat pada pesta pernikahan rasanya harus kamu tahan untuk menghindari overbudget. Buatlah daftar tamu prioritas yang akan kamu undang. Ingat, kamu juga harus mempertimbangkan berapa jumlah pendamping yang akan diajak oleh tamu untuk datang ke pesta pernikahanmu. Ini juga bisa kamu jadikan acuan untuk persiapan pernikahan lainnya seperti jumlah porsi makanan.

Cetak Undangan Yang Sederhana

Jenis sudah banyak jenis undangan pernikahan yang bisa kamu pilih. Untuk mensiasati budget pernikahan yang minim, kamu bisa menggunakan undangan pernikahan dalam bentuk digital untuk beberapa tamu kamu. Kamu bisa manfaatkan fitur di media sosial dan aplikasi pengiriman pesan instant seperti facebook messenger dan whatsapp.

Sewa Baju Pernikahan

Menyewa baju pernikahan juga menjadi salah satu cara untuk mensiasati budget pernikahan yang minim. Tidak perlu repot-repot dan mengeluarkan banyak biaya hanya untuk mendesain dan menjahit baju pernikahan. Cari tempat penyewaan baju pernikahan yang sesuai dengan konsep pesta pernikahanmu.

Dekorasi Pernikahan

Membuat sendiri dekorasi pernikahan? kenapa tidak. Saat ini sudah banyak inspirasi dekorasi pernikahan yang sangat mudah untuk dibuat sendiri. Kamu bisa meminta bantuan keluarga atau teman-temanmu untuk membuat dekorasi pernikahan, seperti photobooth, ukiran nama, bouquet bunga, dan lain sebagainya.

Satukan Momen Akad Nikah dan Resepsi Pernikahan

Hindari melaksanakan akad nikah dan resepsi pernikahan di hari yang berbeda. Perbedaan hari akad pernikahan dan resepsi hanya menghabiskan budget katering, dekorasi, tata rias, dan yang lainnya. Kamu bisa menggelar akad nikah pada pagi harinya, kemudian diteruskan dengan resepsi pada siang hingga sore hari.

Manfaatkan Jasa Teman-Teman Sebagai Pengisi Acara Pernikahan

Memiliki teman atau kerabat yang memiliki usaha atau keahlian tertentu seperti pembawa acara, tata rias, dan usaha makanan juga dapat kamu manfaatkan untuk menekan budget pernikahanmu. Mintalah bantuan mereka untuk mengisi kebutuhan pada acara pernikahanmu dengan harga yang bersahabat tentunya.