Ide Bisnis Catering Yang Tidak Pernah Ada Matinya

Ide Bisnis Catering Yang Tidak Pernah Ada Matinya

Ide bisnis catering terus berkembang di masyarakat, bahkan para pengusaha lebih memilih bisnis ini karena menguntungkan. Jadi, semacam hobi yang menghasilkan pundi-pundi rupiah dan bisnis catering pun jika ditekuni dengan baik, tidak menutup kemungkinan akan menghasilkan omset yang lebih banyak lagi. 

Inilah ide jenis katering, tips, peluang, kelemahan hingga kelebihannya. Sehingga bagi Anda yang ingin bisnis catering bisa memahami dulu tingkat kemampuan Anda untuk terjun dalam bisnis catering ini. 

5 Ide Bisnis Persiapan Usaha Catering Terlaris

Bisnis makanan memang tidak pernah ada matinya, nah Anda bisa mencoba ide bisnis makanan catering yang terus laris sepanjang tahun ini : 

Catering pesta 

Catering ini biasa melayani keperluan pesta, baik ulang tahun, pernikahan, perayaan lainnya. Bagi Anda yang ingin bisnis ini, sebaiknya kuasai dulu dekorasi makanan serta cita rasa dari masakan tersebut. 

Catering pesta lebih menonjolkan keindahan dan estetika. Hidangan kerap di a la carte atau piringan hingga prasmanan/buffet.  

Catering Rumahan

Cara bisnis katering rumahan mudah banget Anda hanya perlu buat memasarkan ke rumah-rumah untuk acara tertentu. Anda bisa memasak aneka macam masakan rumahan dan modal yang harus dikeluarkan pun juga tidak terlalu besar. 

Sayangnya bisnis catering rumahan ini sifatnya musiman, jadi omzet tentunya bisa naik dan bisa turun dan bisa jadi stagnan. 

Catering industri/perusahaan 

Catering ini harus bisa bekerja sama dengan perusahaan/industri yang menyediakan makanan untuk karyawannya. Perusahaan seperti ini biasanya tidak memasak sendiri, namun membayar jasa catering dalam penyediaan makanan tiap harinya. Bukan hanya makanan kadang perusahaan juga membutuhkan bisnis catering snack ketika acara-acara tertentu. 

Private catering

Jasa catering profesional memberikan pelayanan pramusaji pribadi. Jadi, ada pramusaji yang akan stand by di meja tamu undangan dan mereka melayani seluruh kebutuhan tamu ketika acara berlangsung. Biasanya kalangan orang-orang bergelimang harta yang menggunakan jasa ini.  

Usaha Catering Makanan Diet

Catering ini masuk dalam catering menu sehat atau healthy catering. Biasanya menyasar pelanggan yang kondisi kesehatannya harus menjaga pola makan, seperti saat diet. Catering ini setidaknya harus ahli dalam mempertimbangkan kebutuhan gizi pada setiap porsi makanan. 

Tips Usaha Catering Pemula

Meski dari segi bayangan bisnis catering itu mudah, ternyata nggak semua orang bisa bertahan dalam bisnis ini. Maka bagi Anda yang dalam dunia catering, perhatikan tips berikut ini : 

Tentukan dulu jenis catering 

Anda harus menentukan dulu, jenis catering apa yang akan diambil. Pas milih ini, sebaiknya cek kemampuanmu, sebab per jenis catering punya modal yang berbeda-beda. Jika masih modal kecil ambil yang catering rumahan tidak masalah, jika besar bisa ambil seperti catering pesta dan lainnya. 

Siapkan modal usaha 

Siapkan modal awal usaha catering sesuai jenis bisnis catering yang Anda inginkan. Bisnis ini semakin mengeluarkan modal banyak, tentu semakin banyak pula income. Namun, harus sesuai kemampuan dan modal Anda, tidak harus memaksa. 

Biasanya jika Anda melayani catering rumahan, modal yang digunakan biasanya tidaklah besar. Namun, jika bisa menghemat dan mengatur keuangan maka dengan modal dan hasil kecil uang bisa terkumpul. 

Pilih nama Brand Bisnis catering Anda

Brand memang sangat dibutuhkan pada setiap usaha, termasuk juga pada usaha catering ini. Anda sebaiknya pilih brand yang gampang diingat, ada hubungan dengan catering, punya arti/makna baik. Ingat! pemberian brand ini juga berpengaruh pada terkenal tidaknya usaha catering Anda lho. 

Selain brand Anda juga harus memperhatikan pemilah logo yang unik. 

Jika bisnis Anda sudah mampu dalam pendaftaran legalitas hukum, maka segera urus perizinan untuk usaha catering. Salah satu syarat izinnya adalah Tanda Daftar Usaha Pariwisata “TDUP”). 

Usaha catering ini berkode Klasifikasi Baku Lapangan Usaha Indonesia (“KBLI”) 56210, maka kode tersebut wajib ada TDUP.

Cari supplier berkualitas dan murah 

Bisnis catering mengharuskan Anda punya bahan baku dengan jumlah banyak. Maka Anda harus mencari supplier bahan baku yang murah, berkualitas, dan barang yang dijual bukan tipu-tipu. 

Menjalankan promosi 

promosi sangat penting dalam pertumbuhan bisnis. Anda bisa mulai menjalankan promosi dengan target pasar yang telah Anda tentukan. Misalkan, Anda pilih target rumah tangga, maka promosikan dari satu rumah atau dari satu orang ke orang lain. 

Kemajuan teknologi juga bisa Anda manfaat untuk promosi, seperti WhatsApp, Instagram, dan Facebook. 

Perhatikan rasa masakan 

Penikmat jasa catering tidak hanya melihat estetika tampilan makanan saja, namun juga rasanya. Jasi, soal rasa jangan disepelekan. Rasa jangan berubah-ubah, kalau bisa harus lebih enak. Sebab, rasa ini jad kunci pelanggan Anda akan setia atau tidak ke catering Anda. 

Berikan pelayanan yang baik 

Jangan memikirkan kualitas produknya saja, perhatikan juga kualitas pelayanan yang Anda berikan untuk konsumen. Jadi, ketika konsumen puas mereka akan menjadi marketing secara tidak langsung dalam bisnis Anda. 

Tentukan harga wajar 

Jangan menjual produk catering dengan harga terlalu mahal. Apalagi Anda masih merintis, ada baiknya sebelum bikin harga cek harga di pasaran berapa. Tentang, harga catering bisa naik bertahap, selaras dengan naiknya bahan-bahan kebutuhan.

Peluang Usaha Catering Online

Membuka usaha catering online saat ini memang peluangnya sangat bagus. Alasannya 

  1. Kebutuhan makanan dan minuman setiap harinya terus beraneka ragam. Sampai kapan pun bisnis ini tetap banyak peminatnya, apalagi di tengah mobilitas yang tinggi, membeli catering online lebih mudah. 
  2. Ditambah banyaknya pengguna internet di Indonesia menjadikan bisnis catering online banyak dilirik. Coba bayangkan orang mana yang tidak senang, saat mereka hanya butuh duduk santai, istirahat, dan cukup menunggu pesanan makanan datang? Tentu hal ini akan menghemat tenaga, biaya, serta waktu. 
  3. Sekarang banyak orang hampir mempunyai smartphone, jadi dalam hal akses catering online siapapun bisa melakukan. Jadi, Anda bisa memanfaatkan smartphone ini juga untuk marketing. Sementara jangan melalaikan juga marketing langsung ke hadapan konsumen. 
  4. Maka, bisa disimpulkan bisnis catering online sangat peluangnya sangat bagus. Alaskan Anda mau gerak dan mau berusaha lebih maksimal lagi. Apalagi ada banyak kegiatan besar yang sering diadakan, jadi catering online pun akan terus diperlukan. 

Kelemahan Dan Kelebihan Bisnis Catering

Kelemahan 

  1. Catering adalah usaha dengan produk cepat basi, jika tidak habis atau saat Anda mengolah terlalu dini.
  2. Rasa masakan bisa berubah-ubah. Hal ini berisiko konsumen tidak puas. 

Kelebihan 

  1. Usaha catering adalah usaha kuliner dan jelas bahwa semua orang butuh kuliner. Maka usahanya ini tidak pernah ada matinya, apalagi Anda bisa berinovasi lebih, pasti usaha catering Anda banyak yang ngelirik. 
  2. Bukan hanya dalam skala rumahan saja bahkan bisa jadi skala bisnis profesional dan bisa menghasilkan omset besar. 
  3. Usaha ini sangat diperlukan di kota besar dengan mobilitas penuh. Dimana mereka tidak ada waktu buat masak dan pilih instan dengan memesan makanan jadi. 

Itulah informasi lengkap tentang ide bisnis catering. Bagaimana Anda ingin mencoba bisnis ini? Semoga membantu.