Daftar Hantaran Pernikahan Lengkap, Tidak Perlu Bingung

Daftar Hantaran Pernikahan Lengkap, Tidak Perlu Bingung

Dalam sebuah acara pernikahan, hantaran pernikahan atau seserahan merupakan salah satu bagian yang penting. Sebab, hantaran pernikahan sering juga diartikan sebagai kesanggupan dari calon mempelai pria untuk menghidupi calon mempelai wanita.

Dalam upacara pernikahan adat Jawa, jumlah seserahan yang diberikan umumnya berjumlah ganjil seperti 5,7,9, 11 dan seterusnya. Untuk isinya sendiri, biasanya adalah penunjang penampilan mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Berikut beberapa daftar hantaran pernikahan lengkap yang umumnya ada dalam acara pernikahan.

Perlengkapan Ibadah 

Perlengkapan ibadah akan menjadi simbol harapan dari kedua calon mempelai kepada Tuhan yang Maha Kuasa supaya kehidupan rumah tangga dari keduanya selalu berada dalam lindungan Tuhan. Tentunya perlengkapan ibadah ini akan disesuaikan dengan keyakinan dari calon mempelai.

Perlengkapan Perawatan Tubuh dan Mandi

Hantaran pernikahan yang umum diberikan dalam pernikahan yang selanjutnya adalah perlengkapan perawatan tubuh dan juga mandi. Di dalamnya ada masker, lulur, lotion, handuk, sabun, shampo sampai dengan conditioner.

Sebagai catatan, bisa juga tidak semua keperluan dijadikan hantaran dan hanya memilih yang dirasa paling krusial saja. Pilihan lain yang dapat dipakai adalah memilih brand yang menyediakan paket yang dibuat khusus untuk dijadikan seserahan dalam acara pernikahan.

Peralatan Make-Up

Sangat disarankan bagi pengantin pria untuk memberikan wewenang hal ini kepada pengantin wanita. Sebab, umumnya pengantin wanita telah memiliki brand favorit yang sudah sering digunakannya.

Perhiasan

Perhiasan yang masuk ke dalam daftar hantaran pernikahan lengkap umumnya berbeda dengan cincin nikah dan diberikan dalam bentuk set. Perhiasan yang ada di dalamnya adalah gelang, anting sampai kalung.

Maksud dari pemberian perhiasan ini adalah sebagai lambang harapan supaya pengantin wanita akan selalu bersinar di dalam kehidupannya.

Aksesoris dan Pakaian

Sebenarnya hantaran berisi pakaian dan juga aksesoris tidaklah menjadi suatu keharusan, Umumnya hal ini akan menjadi kesepakatan bersama dari pihak mempelai. Kesepakatan yang dibicarakan bisa dengan membeli bahan atau baju bersama jika memungkinkan, bisa juga ditambahkan dengan aksesoris pendukung.

Makanan dan Buah-Buahan

Secara tradisi, makanan yang diwajibkan untuk ada adalah kue talam yang lengket maupun dodol dan kue wajik. Tetapi, bisa juga ditambahkan dengan kue cake atau masakan, baik yang sudah dipesan maupun yang telah dibuat sendiri.

Untuk buah, bisa pilih yang jenisnya tidak memberatkan seperti semangka. Ada baiknya untuk membawa makanan dan buah yang disukai mempelai wanita supaya tidak mubazir.Itulah daftar hantaran pernikahan lengkap yang umumnya diberikan calon mempelai pria kepada calon mempelai wanita. Disarankan untuk memilih hantaran yang tidak memberatkan bagi keduanya. Jangan lupa juga untuk menambah wawasan Anda dengan membaca informasi tentang perlukah baby sitter dalam kehidupan pernikahan Anda kelak setelah menikah.