Estimasi List Harga Wedding Yang Harus Dipersiapkan

Estimasi List Harga Wedding Yang Harus Dipersiapkan

Menikah dengan resepsi kekinian untuk zaman sekarang memiliki harga yang tidak bisa dikatakan murah. Itulah sebabnya harus ada persiapan yang matang terlebih dahulu agar impian menikah bisa terealisasi secara lancar. Lalu, apa saja list harga wedding yang harus disiapkan? 

Hantaran 

List harga wedding organizer yang pertama adalah hantaran atau seserahan yang memang menjadi tradisi turun-temurun saat prosesi pernikahan atau lamaran. Seserahan ini umumnya akan berisi perlengkapan yang dibutuhkan oleh calon suami dan istri, misalnya baju, sepatu, tas, alat rias, dll. Biaya seserahan ini umumnya akan berkisar Rp2.000.000 – Rp4.000.000 tergantung jenis dan jumlah barang yang nantinya akan dibeli. 

Seserahan ini bukan sesuatu yang wajib yang nantinya harus diberikan kepada suami atau istri. Oleh sebab itu, Anda dapat lebih menghemat biaya seserahan menyesuaikan dengan kebutuhan dan jangan terlalu berlebihan.

Mas Kawin 

List harga wedding yang kedua adalah Mas Kawin yang merupakan aspek terpenting dalam sebuah pernikahan. Mas kawin atau mahar ini adalah harta yang diberikan oleh pihak mempelai laki-laki untuk mempelai wanita. Jenis dan bentuknya bisa bermacam-macam, bisa benda maupun jasa. Contoh mahar benda yang biasanya diberikan adalah uang, emas, properti, tanah, perlengkapan ibadah dll.

Katering 

Katering ini adalah hal terpenting yang benar-benar harus dipersiapkan oleh calon pengantin dengan baik. Harga wedding untuk kategori katering nikahan tidak murah, terutama untuk katering sajian prasmanan dengan berbagai pilihan menu lokal dan juga internasional.

Umumnya katering ini nantinya akan disesuaikan dengan banyaknya tamu undangan. Semakin banyak tamu yang diundang maka akan semakin besar juga budget katering yang akan dikeluarkan.

Undangan 

List harga wedding yang akan cukup menguras kantong berikutnya adalah undangan. Undangan versi cetak untuk saat ini masih banyak digemari oleh masyarakat. Harganya sendiri juga cukup bervariasi karena akan menyesuaikan dengan jenis kertas, desain, dan banyaknya undangan yang akan dicetak.

Namun, agar nantinya Anda bisa lebih hemat lagi bisa menggunakan undangan digital sebagai alternatif untuk menekan budget. Undangan digital tidak akan membutuhkan biaya apapun jika Anda membuat desainnya secara mandiri.