Daftar Persiapan Sebelum Menikah, Cek!

Daftar Persiapan Sebelum Menikah, Cek!

Menikah merupakan momen sakral sekali seumur hidup. Momen membahagiakan tersebut tentunya butuh persiapan matang oleh kedua pasangan demi kelancaran acara seperti mengecek price list rias pengantin.

Rias pengantin juga termasuk persiapan penting agar menyempurnakan hari bahagia sang mempelai wanita dan pihak keluarga.

Apa saja wedding list yang harus disiapkan?

Sebelum lamaran

Prosesi meminang pasangan pun perlu memperhatikan sederet kebutuhan yang harus disiapkan, antara lain;

  • Budget acara lamaran
  • Vendor acara beserta MC dan dekorasi
  • Make up artist
  • Cincin tunangan dan kotaknya
  • Lokasi acara
  • Fotografer

Sebelum akad

Sebelum akad umumnya masyarakat Indonesia melakukan serangkaian prosesi adat masing-masing daerah untuk meminta doa dan restu orang tua. Acara tersebut juga biasanya dibarengi dengan kegiatan keagamaan seperti pengajian.

Menjelang hari besar tiba, berikut daftar persiapannya:

Budget pernikahan

Pesta pernikahan memang membutuhkan dana besar, sangat dibutuhkan komunikasi antara pasangan dan keluarga untuk mendiskusikan terkait budget yang disanggupi.

Administrasi pernikahan

Bagi pasangan yang akan menikah baik sesama WNI maupun dengan WNA wajib mengurus administrasi pernikahan di Kantor Urusan Agama. Pastikan seluruh dokumen dan berkasnya lengkap, tidak ada kesalahan.

Waktu dan lokasi

Waktu dan lokasi pernikahan juga merupakan bahan diskusi penting, kapan sebaiknya waktu, jam dan lokasi acara dilangsungkan. Umumnya pernikahan diadakan pada akhir pekan.

Daftar vendor pernikahan

Tulis juga daftar vendor pernikahan terpercaya pilihan Anda, paling mudahnya memilih jasa wedding organizer yang sudah sepaket dengan tim dokumentasi, rias pengantin, katering dan lainnya. Umumnya price list rias pengantin mulai dari Rp 2 jutaan hingga puluhan juta, termasuk paket keluarga.

Hantaran dan mas kawin

Hantaran adalah daftar barang-barang seserahan dari pihak pria untuk pihak wanita, biasanya berisi kebutuhan sehari-hari, sedangkan mas kawin biasanya berupa emas atau uang tunai dengan nominal yang disesuaikan.

Daftar tamu undangan

Persiapkan juga daftar tamu undangan untuk memastikan kapasitas gedung dan katering yang harus disediakan. Anda tetap harus menyesuaikan lagi dengan budget.

Itulah daftar persiapan menikah dan sedikit gambaran price list rias pengantin. Semoga bermanfaat.