4 Cara Efektif Parenting Usia 1-5th Agar Anak Nurut

4 Cara Efektif Parenting Usia 1-5th Agar Anak Nurut

Mendidik anak adalah sesuatu yang menyenangkan, tetapi juga cukup menantang. Apalagi jika si kecil begitu aktif dan memiliki rasa ingin tahu yang besar. Tidak sedikit orangtua yang cenderung marah-marah karena merasa anak sulit diatur. Padahal, parenting usia 1-5th adalah masa yang krusial untuk tumbuh kembang anak.

Pola asuh yang keliru akan mempengaruhi kepribadian anak hingga dia dewasa. Lantas, bagaimana cara mendidik balita agar lebih nurut tanpa harus membentaknya? Yuk, simak tips parenting berikut ini supaya si kecil makin disiplin.

Cari Tahu Penyebab Anak Tantrum

Tantrum adalah hal yang wajar bagi anak-anak. Biasanya, anak yang tantrum akan berteriak, menendang, memukul, ataupun melempar makanan sebagai bentuk luapan emosi mereka. Sayangnya, tidak semua orangtua bisa sabar menghadapi anak yang sedang tantrum. 

Alih-alih balik membentaknya, Anda harus bisa mengendalikan emosi dan mencari tahu penyebab anak tantrum. Anda juga bisa memberikan mainan kesukaannya ketika si kecil tantrum agar suasana hatinya menjadi lebih baik. Bila si kecil sudah tenang, ajaklah ia berkomunikasi dan melakukan kegiatan positif seperti melatih tanggung jawabnya dengan memainkan permainan edukatif. 

Berikan Contoh dan Ikuti Pola Pikir Anak

Anak-anak cenderung meniru yang mereka lihat, sehingga Anda bisa mendidiknya dengan memberikan contoh. Selain itu, jangan memaksakan pola pikir Anda kepada anak-anak. Sebab fungsi nalar balita belum sesempurna orang dewasa. 

Misalnya ketika si kecil menyebarkan mainannya di rumah dan tidak mau membereskannya. Daripada memarahinya, Anda bisa menerapkan parenting usia 1-5th dengan membantunya membereskan mainan tersebut. Bla dilakukan secara konsisten, anak akan mencontoh kebiasaan Anda sehingga ia mau membereskan mainannya.

Ajaklah Si Kecil Berkomunikasi dan Libatkan Dia dalam Pekerjaan Rumah

Menurut beberapa penelitian, mengajak si kecil berkomunikasi adalah parenting yang baik karena bisa meningkatkan kemampuan bahasanya. Cara ini juga efektif untuk membangun kedekatan antara anak dan orangtua, sehingga si kecil lebih mudah diarahkan.

Sementara untuk anak usia 2 tahun ke atas, Anda juga bisa melibatkannya dalam pekerjaan rumah sederhana. Contohnya adalah mengajak si kecil membuang sampah pada tempatnya atau membereskan mainannya. Hal-hal sederhana ini akan membuat si kecil lebih rajin sekaligus meningkatkan kemampuannya.

Ajari Anak Disiplin dengan Membuat Peraturan Tegas

Penting untuk menerapkan peraturan yang tegas bagi balita saat di rumah. Tegas bukan berarti Anda menggunakan kekerasan dalam mendidiknya. Tetap tunjukkan cinta dan kasih sayang Anda untuk si kecil, tapi jangan lupa membuat peraturan agar anak belajar disiplin.

Anda bisa memulainya dari peraturan yang ringan terlebih dahulu. Selain itu, berikan bimbingan bagi si kecil terkait peraturan tersebut agar ia paham dalam mengikuti instruksi.Dengan 4 cara parenting usia 1-5th di atas, anak akan lebih mudah diarahkan tanpa harus membentaknya.