Cara Mengembangkan Karakter Anak Usia 5-10 Tahun

Cara Mengembangkan Karakter Anak Usia 5-10 Tahun

Seperti yang diketahui bahwa pendidikan karakter dan moral pada anak usia 5-10 tahun memang cukup penting. Karena, hal tersebut akan membentuk bagaimana anak-anak Anda kedepannya dalam bersikap dan bersosialisasi. Ada beberapa faktor yang mempengaruhi karakter dan moral anak tersebut serta cara terbaik untuk mengembangkannya.

Faktor yang Mempengaruhi

Bicara mengenai pendidikan karakter dan moral pada anak usia 5-10 tahun, pasti ada faktor yang mempengaruhinya. Diantaranya adalah:

Peran Keluarga

Perlu diketahui bahwa peranan dalam keluarga adalah faktor pertama dan utama, karena keluarga adalah pihak pertama yang sangat berpengaruh besar terhadap pembentukan karakter dan moral anak sejak dini. Keluargalah yang paling banyak berkontribusi karena keluarga yang sudah bersama dengan anak sejak usia dini tersebut, khususnya orang tua yang merupakan pendidik yang paling kuat di rumah diikuti adik atau kakak dan keluarga lainnya.

Lingkungan 

Kita dengan keluarga pastinya tinggal dan hidup dalam sebuah lingkungan. Oleh karena itu, ada baiknya memilih lingkungan yang positif dan bisa mendukung pengembangan karakter dan moral anak sejak usia dini dimana Anda tinggal. Namun, apabila pada lingkungan yang Anda pilih sudah sangat positif tapi masih ada beberapa yang cukup menjadi kendala maka peran keluarga atau orang tualah yang harus mengantisipasi agar anak tidak terpengaruh. 

Pergaulan

Sebuah lingkungan tadi pun juga akan menciptakan pergaulan bagi anak nantinya, namun pergaulan tidak hanya di lingkungan sekitar saja tapi bisa dimana saja. Maka perlu diketahui, bahwa anak Anda perlu dipantau sejak dini bagaimana pergaulan yang dihadapi dan dijalaninya selama ini. Anda sebagai orang tua pun juga harus bantu memilih pergaulan mana yang bisa membimbingnya menjadi karakter dan moral yang sangat baik dan bukan pergaulan bebas.

Fungsi Sekolah

Setelah semuanya yang ada di sekitar anak menjadi faktor-faktor berpengaruh terhadap pengembangan karakter dan moral anak sejak dini, maka kali ini saatnya fungsi sekolah sebagai lembaga resmi pendidikan yang akan memberikan pengaruh positif yang sangat kuat. Karena, sekolah merupakan satu-satunya faktor pendidikan karakter dan moral anaK selain orang terdekat seperti orang tua dan keluarga. Sekolah memiliki caranya tersendiri untuk mendidik anak-anak untuk membentuk karakter dan moral yang baik.

Cara Membentuk Karakter dan Moral

Bukan hanya faktor yang mempengaruhinya, namun ada juga cara mengembangkan pendidikan karakter dan moral pada anak usia 5  10 tahun. Adapun cara mengembangkannya adalah sebagai berikut:

  1. Melalui Agama
  2. Pembiasaan Dari Kecil
  3. Memberi Contoh
  4. Melakukan Hal Kecil
  5. Berbagi
  6. Bersikap Konsisten
  7. Tidak Dimanjakan
  8. Berkelanjutan
  9. Tanamkan Pada Anak
  10. Bertindak Tegas

Itulah beberapa cara mengembangkan pendidikan karakter dan moral pada anak usia 5 – 10 tahun, melalui cara-cara yang cukup bijak bisa membentuk anak menjadi pribadi yang baik dan memang bertanggung jawab hingga dewasa kelak.