4 Cara Jitu Memiliki Tabungan untuk Pernikahan

4 Cara Jitu Memiliki Tabungan untuk Pernikahan

Siapa nih yang sudah punya rencana menikah, tetapi belum juga memiliki tabungan yang besar? Biaya pernikahan memang tidak bisa disepelekan, ini harus diperhitungan dan dipersiapkan secara matang agar setelah menikah nanti, Anda dan pasangan masih memiliki tabungan. Tetapi, jangan pula terlalu khawatir karena tabungan untuk pernikahan ini bisa kita atur dan sesuaikan sehingga tidak menguras kantong.

Cara Cepat Memiliki Tabungan Pernikahan :

Tentukan biaya pernikahan Anda

Pernikahan bukanlah acara satu hari satu malam yang akan Anda gelar mengundang ratusan bahkan ribuan orang, melainkan ini adalah awal perjalanan panjang yang akan Anda tempuh bersama pasangan seumur hidup. Tentukan konsep pernikahan apa yang Anda dan pasangan inginkan dan ketahui berapa perkiraan biaya keseluruhan yang dibutuhkan.

Buat tabungan khusus

Setelah mengetahui perkiraan dana pernikahan sederhana atau mewah Anda, kini Anda dan pasangan harus membuat tabungan khusus untuk pernikahan impian Anda tersebut. Jika Anda ingin tabungan itu tidak terkuras untuk membeli sesuatu, Anda bisa membuat tabungan deposito dengan jangka waktu tertentu.

Sepakat untuk berhemat

Tabungan untuk pernikahan Anda tidak akan bertambah jika Anda dan pasangan tidak bisa berhemat. Tentukan skala prioritas kalian berdua, usahakan membeli barang yang memang sangat dibutuhkan saja. Cobalah mengurangi waktu pacaran di luar agar tidak mudah tergiur untuk membeli sesuatu.

Merencanakan dana pernikahan seminimal mungkin

Prioritaskan dana pernikahan Anda pada beberapa bagian penting, seperti mahar, cincin pernikahan, katering, atau beberapa hal lain yang Anda anggap wajib ada. Anda dan pasangan juga tidak harus memiliki foto pre-wedding untuk menghemat pengeluaran sebelum pernikahan. 

Rincian Dana Pernikahan :

Mahar

Mahar dapat berupa seperangkat alat ibadah, perhiasan, atau uang tunai. Namun, mahar apapun yang Anda sepakati, pastikan itu tidak menjadi beban anggaran dalam pernikahan kalian.

Biaya daftar KUA

Jika Anda ingin lebih hemat, Anda bisa melaksanakan pernikahan di KUA. Sebab, pada jam kerja seperti biasa Anda tidak akan dipungut biaya sepeser pun untuk melangsungkan pernikahan di sana. 

Lokasi pernikahan dan dekorasi

Lokasi pernikahan dan dekorasi sangat mempengaruhi biaya pernikahan Anda. Bila tamu undangan tidak terlalu banyak, lebih baik jika Anda menyelenggarakan pernikahan di rumah dengan menyewa tenda sekaligus dekorasi yang Anda inginkan.

Rias pengantin dan katering

Setiap pengantin pasti ingin tampil terbaik di pernikahannya. Usahakan jauh sebelum hari pernikahan, Anda telah melakukan riset pada MUA pernikahan dan catering pernikahan yang memberikan penawaran terbaik.

Kartu undangan dan souvenir

Pada dasarnya kartu undangan hanya digunakan untuk memberi kabar kepada orang lain bahwa kalian akan menikah. Jadi, jika dana Anda minim sebaiknya buat kartu undangan pernikahan yang simpel dan elegan. Selain itu, pilihlah sovenir yang sederhana namun tetap berkesan.

Itulah 4 cara yang bisa Anda lakukan agar memiliki tabungan untuk pernikahan, beserta rincian biayanya. Upacara pernikahan memang sekali untuk seumur hidup, tetapi perjalanan setelah menikah jauh lebih penting dan berharga daripada upacara pernikahan.