Cara Komunikasi Efektif Dengan Anak Usia Sekolah Dasar

Cara Komunikasi Efektif Dengan Anak Usia Sekolah Dasar

Memahami bagaimana cara komunikasi efektif dengan anak usia sekolah dasar ternyata menjadi hal yang sangat penting dilakukan terutama bagi orang tua. Sebab dengan komunikasi yang tepat itulah ternyata akan memberikan dorongan kepada mereka agar bisa tumbuh menjadi pribadi positif sekaligus cekatan. 

Disinilah orangtua memiliki peranan dalam keluarga yang paling penting serta akan berpengaruh terhadap perkembangan anak usia sekolah dasar tersebut. Sebagai orangtua yang baik, Anda harus mempelajari dengan baik seperti apakah cara berkomunikasi dengan buah hati terutama jika mereka telah menginjak usia sekolah dasar. 

Cara Komunikasi Efektif Dengan Anak Usia Sekolah Dasar 

Walaupun terlihat sepele karena Anda mungkin bisa berbicara dengan anak setiap hari, tetapi tidak semua orang memahami bagaimana cara komunikasi efektif tersebut. Itulah mengapa, apabila Anda ingin memulainya dari sekarang, maka silahkan simak beberapa cara berikut ini: 

Menjadi Pendengar Yang Baik 

Salah satu cara efektif untuk membangun hubungan dengan anak adalah menjadi pendengar baik kepada mereka. Tidak ada salahnya agar selalu memperhatikan topik seperti apakah yang sedang dibicarakan tersebut. Sebaiknya menaruh fokus secara penuh kepada mereka dan jangan sampai sambil memegang HP ataupun menonton TV. 

Buat Waktu Untuk Saling Berbicara 

Selain menjadi pendengar yang baik, tidak ada salahnya juga untuk membuat waktu saling berbicara kepada si kecil. Anda pastinya pernah merasa bingung bukan kenapa anak enggan berbicara tersebut? Bisa jadi karena anak memang masih belum mau berbicara. Itulah mengapa pentingnya agar membuat jadwal waktu untuk saling berbicara. 

Tetap Tegas Tetapi Jangan Penuh Amarah 

Ketika Anak melakukan kesalahan sendiri atau bersama teman-temannya, maka kami menyarankan agar jangan pernah memberikan omelan. Tetapi cobalah tegas dan jangan penuh amarah meledak-ledak. Sebab ketika si kecil diomeli secara terus-menerus ternyata tidak akan mendengarkan semua instruksi. 

Jangan Lupa Berikan Waktu Mereka Merespon

Pada anak usia sekolah dasar biasanya sudah mampu membuat pendapat mereka sendiri. Itulah sebabnya tidak ada salahnya agar memberikan waktu kepada mereka untuk merespon terlebih dahulu.

Jangan Lupa Berikan Motivasi

Terakhir, Anda sebaiknya juga tidak lupa untuk memberikan motivasi dan penyemangat kepada buah hati tersayang. Dengan kata-kata motivasi itulah akan membantu mereka tetap melakukan karya dengan optimal. 

Manfaat Menjaga Komunikasi Efektif Dengan Anak

Dengan menjaga komunikasi pada anak itulah, ternyata juga akan menumbuhkan sejumlah manfaat diantaranya adalah:

  • Bisa membantu mengembangkan kepercayaan diri 
  • Anak akan merasa lebih dihargai 
  • Membuat hubungan antar orangtua dan anak semakin erat 
  • Membantu anak untuk membangun hubungan dengan orang lain. 

Walaupun terlihat cukup sepele, tetapi tidak sedikit dari orang tua masih belum mengetahui bagaimana cara melakukan komunikasi efektif. Melalui komunikasi efektif dengan anak usia sekolah dasar itulah akan membuat mereka menjadi pribadi percaya diri.