Budget Nikah Sederhana Hasil Istimewa? Lakukan Hal Ini!

Budget Nikah Sederhana Hasil Istimewa? Lakukan Hal Ini!

Mengoptimalkan Budget Nikah Sederhana

Budget nikah sederhana sebenarnya bukan masalah besar. Berapapun budget yang kita miliki, kalau kita pandai mengatur budget tersebut maka kita bisa menciptakan pesta pernikahan yang memuaskan. Semua tergantung pada diri kita sendiri, bagaimana kita mengatur alokasi penggunaan budget dan bagaimana kita mengoptimalkan budget tersebut.

Menikah merupakan sebuah ibadah. Dengan menikah, kita telah melakukan perubahan besar dalam hidup yang bisa membawa banyak kebaikan. Sayangnya, banyak sekali orang yang terus menunda pernikahan karena masalah dana. Banyak yang sebenarnya ingin menikah namun masih merasa tabungannya belum cukup untuk menyelenggarakan pesta pernikahan.

Perlu diketahui bahwa sebenarnya menikah itu tidak membutuhkan biaya yang besar. Anda harus punya niat terlebih dahulu dan yakinkan bahwa diri anda sudah siap untuk menikah. Tak perlu punya tabungan yang banyak agar anda bisa menikah. Pesta pernikahan tetap bisa terselenggara bahkan dengan menggunakan budget yang terbatas. Seperti apa caranya?

Mewujudkan Pernikahan Sederhana

Banyak orang berpikir budget nikah yang minim tidak akan bisa mewujudkan pernikahan yang mengesankan. Tapi, apakah anda hanya akan terus menunggu sampai budget anda lebih dari cukup? Kalau terus menunggu tampaknya mustahil anda akan merasa budget yang anda miliki sudah lebih dari cukup.

Ada beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk menyelenggarakan pernikahan dengan budget yang minim. Berikut adalah 3 hal yang bisa anda lakukan untuk mewujudkan budget nikah sederhana tapi hasilnya istimewa :

Batasi Jumlah Tamu

Sebagian besar orang menghabiskan dana yang besar untuk menikah karena mereka mengundang banyak orang. Kalau anda ingin menyelenggarakan pesta yang super meriah memang anda perlu mengundang banyak orang dan kalau anda mengundang banyak orang artinya biayanya juga akan lebih besar.

Lebih baik, batasi jumlah tamu undangan anda. Undang keluarga dan teman terdekat ke acara pernikahan anda. Buatlah pesta pernikahan yang intim bersama orang-orang terdekat, tak perlu mengundang ribuan orang. Ini akan memudahkan anda mewujudkan pesta pernikahan istimewa dengan budget yang minim.

Pilih Lokasi yang Sederhana

Tak perlu menikah di gedung yang mewah dengan harga sewa puluhan juta rupiah. Anda bisa menikah di lokasi yang sederhana dan harganya juga terjangkau. Misalnya, anda bisa memilih tema garden party dan menyelenggarakan pesta di halaman rumah anda sendiri.

Lalu bagaimana kalau tidak ada halaman rumah? Pilihlah lokasi pernikahan yang memang dikhususkan untuk acara intim. Tak masalah jika lokasinya seerhana karena bisa dibantu dengan dekorasi. Intinya, tak perlu bermewah-mewah kalau memang dana anda terbatas.

Manfaatkan Relasi

Coba lihat sekitar anda, adakah rekan yang menjalankan bisnis dekorasi? Adakah yang menjadi MUA? Adakah yang menjadi fotografer? Adakah yang berbisnis catering untuk acara pernikahan? Sebisa mungkin, gunakan jasa dari teman-teman atau kenalan anda agar biaya yang dikeluarkan jauh lebih murah.

Meminta bantuan teman atau saudara memang menjadi solusi terbaik untuk menyiapkan pernikahan dengan budget terbatas. Tapi bukan berarti gratis total ya, anda tetap harus membayar biaya jasanya namun biasanya akan jauh lebih murah atau dengan kata lain diberi harga teman.Itulah tadi 3 hal yang perlu anda lakukan agar anda bisa mewujudkan pernikahan impian dengan budget yang terbatas. Sebenarnya bukan hal yang mustahil untuk menikah dan merayakan pernikahan anda dengan dana yang minim. Budget nikah sederhana berapapun bisa anda wujudkan sesuai harapan asalkan anda teliti dan pandai mengaturnya.