Bingung Siapa Saja Yang Harus Diundang Saat Menikah? Ini Tipsnya!

Bingung Siapa Saja Yang Harus Diundang Saat Menikah? Ini Tipsnya!

Tips Menentukan Tamu yang Diundang Saat Pernikahan

Memilih tamu undangan adalah hal penting yang harus dilakukan saat merencanakan pernikahan, pasalnya jumlah tamu yang datang akan mempengaruhi biaya yang harus dikeluarkan. Tapi menentukan siapa saja yang harus diundang saat pernikahan bukanlah hal yang mudah, apalagi bila Anda memiliki banyak teman dan kerabat dekat.

Bagi Anda yang masih bingung memilih tamu undangan, coba perhatikan beberapa tips di bawah ini :

Buat Daftar Prioritas

Tidak semua orang harus diundang ke pesta pernikahan, apalagi bila Anda tidak begitu akrab dengan orang tersebut. Jadi hal pertama yang harus dilakukan adalah membuat daftar prioritas. Berikut adalah beberapa orang yang wajib masuk ke dalam daftar undangan:

Keluarga

Selain keluarga inti, Anda juga harus mengundang anggota keluarga lain seperti paman, bibi, keponakan, atau saudara sepupu. Anda tidak perlu mengundang anggota keluarga dengan hubungan kekerabatan yang terlalu jauh kecuali bila Anda memang kenal dekat dengannya.

Teman

Teman yang dimaksud bisa siapa saja, mulai dari teman sekolah, rekan kerja, hingga teman komunitas. Meski demikian, Anda tidak perlu mengundang semuanya dan cukup undang teman yang benar-benar akrab dengan Anda.

Tetangga

Kehidupan sosial pastinya tak lepas dari tetangga, karena itu jangan lupa untuk mengundang beberapa tetangga dekat rumah ke pesta pernikahan Anda.

Sesuaikan dengan Budget

Salah satu hal yang harus jadi pertimbangan dalam menentukan jumlah tamu adalah anggaran pernikahan. Bila sudah selesai membuat daftar prioritas, coba cocokkan dengan bujet yang tersedia. Apabila masih ada sisa anggaran, Anda bisa menambah daftar tamu yang diundang saat pernikahan atau mengalokasikannya untuk kebutuhan yang lain. Tapi bila ternyata anggarannya kurang, maka Anda harus kembali memangkas daftar tamu dan mencoret beberapa nama.

Jangan Mengundang karena Merasa Tak Enak

Undanglah seseorang karena Anda memang ingin mereka hadir di momen spesial Anda, bukan karena merasa takut atau tak enak. Contoh, karena takut jadi bahan gosip di kantor, Anda akhirnya mengundang semua rekan kerja yang bahkan Anda sendiri tidak mengenalnya dengan baik. Hal-hal seperti ini harus dihindari, selain agar bujet tidak semakin membengkak, pernikahan juga akan lebih berkesan bila dihadiri oleh orang-orang dekat saja.

Sesuaikan dengan Konsep Pernikahan

Konsep pernikahan juga akan menentukan siapa orang yang harus diundang. Apabila ingin menggelar pernikahan sederhana dengan konsep intimate wedding, maka Anda cukup mengundang keluarga dekat dan sahabat-sahabat terbaik Anda. Sebaliknya, bila ingin menggelar pesta pernikahan yang lebih besar, tentu saja daftar tamu akan lebih panjang.

Berdasarkan Siapa yang Menyediakan Bujet Pernikahan

Penyedia anggaran adalah pihak yang menanggung biaya pernikahan, bisa dari pihak pengantin pria atau wanita. Penyedia bujet tentunya punya suara lebih besar dan lebih bebas dalam menentukan tamu undangan. Tapi bila Anda berada di pihak keluarga yang tidak ikut menyediakan bujet, maka jangan memberatkan biaya dan undanglah orang yang penting-penting saja seperti keluarga dan sahabat dekat. Jangan sampai Anda mengundang teman masa sekolah yang bahkan tidak dikenal oleh keluarga mertua Anda.

Itulah beberapa tips dalam memilih tamu yang akan diundang saat pernikahan. Tentukan tamu dengan bijak dan selalu diskusikan dengan pasangan. Mengingat pernikahan adalah momen yang sangat istimewa, pastikan Anda mengundang orang yang benar-benar penting dalam hidup Anda.