Beberapa Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Beberapa Tips Menghemat Biaya Pernikahan

Pernikahan adalah hal terpenting dalam sejarah hidup manusia. Peristiwa yang hanya di lakukan sekali dalam seumur hidup, dan tidak mungkin di ulang. Hal tersebutlah yang menjadikan calon pengantin ingin membuat pesta pernikahannya sebaik mungkin. Menghemat biaya pernikahan adalah hal yang sangat penting bagi pasangan yang akan melangsungkan pernikahan, banyaknya kebutuhan yang di perlukan menjadi alasan. Berikut beberapa tips yang bisa kamu lakukan untuk menghemat biaya pernikahan

1. Buat undangan yang sederhana, tapi tetap menarik

Harga undangan sangat relatif, ada yang sangat murah dan ada yang sangat mahal, hingga puluhan ribu per satu undangan. Tapi, ada undangan yang menurut kamu bagus dengan harga yang mahal, tapi tamu kamu mengira undangan kamu biasa saja. Jadi, kamu harus banyak melakukan survey, jangan sampai kamu keluar uang banyak untuk undangan yang biasa saja.

2. Gedung serba guna atau aula menjadi pilihan tepat

Jika kamu memiliki budget yang tidak besar dan ingin menggunakan tempat khusus untuk resepsi pernikahan, gedung serba guna dan aula adalah pilihan tepat. Harga sewa aula biasanya masih terjangkau. Tinggal bagaimana kamu mengatur dekorasi agar tempat pernikahan kita tetap terlihat indah.

3. Souvenir tidak harus mahal, yang penting berguna dan menarik

Souvenir adalah kenang-kenangan atau ucapan terima kasih dari pengantin kepada tamu yang hadir. Yang terpenting dari souvenir ini adalah kegunaannya, souvenir jenis gelas adalah yang paling banyak di pilih karena bentuknya yang variatif, manfaatnya jelas dan harganya juga relatif bisa di jangkau.

4. Carilah seserahan di pusat grosir

Diskusikan dengan pasangan kamu sebelum melakukan pembelian seserahan, karena pada akhirnya seserahan akan di gunakan oleh pasangan kamu. Seserahan tidak harus mahal, yang terpenting bermanfaat. Ingat, semua seserahan nanti akan di hias di kotak seserahan, jadi seserahan kamu akan tetap terlihat menarik kok walaupun harganya tidak terlalu mahal.

5. Test food sebanyak mungkin, pastikan kamu mendapat harga terbaik

Sebelum menentukan vendor katering, biasanya pengantin akan melakukan test food terlebih dahulu untuk mengetahui rasa dan kenikmatan masakan dari vendor katering tersebut. Lakukan sebanyak mungkin test food agar kamu bisa membandingkan mana vendor katering yang sesuai dengan harapan kamu.

6. Jangan malu untuk meminta diskon pada wedding organizer

Diskon adalah hal yang menarik bagi siapa saja, jika kamu menggunakan jasa wedding organizer dalam satu paket pernikahan, jangan ragu untuk meminta diskon atau bonus. Banyak Wedding Organizer yang mau memberikan diskon seperti paket Pre-Wedding atau diskon gedung.