Ini Dia Kategori Barang Untuk Seserahan Adat Jawa

Ini Dia Kategori Barang Untuk Seserahan Adat Jawa

Saat memasuki usia dewasa tentunya mayoritas orang akan memikirkan masalah pekerjaan dan juga persiapan pernikahan. Ternyata persiapan pernikahan sangatlah banyak dan bahkan mempelai pria akan kebingungan saat menyiapkannya sendiri. Ketika melalui proses lamaran, maka Anda harus melewati beberapa prosesi seperti membawa berbagai peningset dan hantaran lamaran. Namun kira-kira apa saja barang untuk seserahan adat Jawa?

Hantaran atau peningset memang biasanya digunakan untuk mengikat sang calon mempelai wanita agar tidak dicuri oleh pria lain. Namun dalam setiap daerah, biasanya yang namanya hantaran atau peningset memiliki berbagai macam makna. Intinya ketika seorang pria dan keluarganya datang membawa hantaran ke rumah wanita, maka tidak lain ingin bermaksud baik meminang pasangannya. Sebelum membahas perlukah baby sitter? Simak beragam bahan seserahan sesuai dengan penjelasan yang ada di bawah ini. 

Kebaya dan Juga Jarik

Untuk melamar gadis Jawa, maka baju khas tentunya harus ada dalam daftar seserahan. Kain batik ataupun jarik yang digunakan mayoritas bercorak Sidomukti. Mengapa demikian? Batik dengan corak Sidomukti memiliki makna kandungan sebagai harapan dalam mencapai kebahagiaan baik lahir maupun batin. Sudah cocok bukan dengan harapan dari seluruh keluarga dalam membangun kehidupan rumah tangga kelak?

Selain membawa seserahan kebaya dan juga jarik, Anda juga perlu menyiapkan seserahan berupa pakaian kebaya. Seserahan lainnya berupa centing, korset kebaya, sandal cantik, sandal manten, dan lain-lain. Jadi bagaimana sudah menyiapkan barang untuk seserahan adat Jawa?

Seperangkat Makeup

Selain menggunakan pakaian, syarat untuk memberikan seserahan bagi gadis Jawa berikutnya berupa seperangkat alat makeup. Biasanya wanita akan memilih sendiri alat-alat makeup yang biasa digunakan agar nantinya bisa benar-benar bermanfaat. Lazimnya peralatan makeup yang dibutuhkan meliputi bedak, pensil alis, lipstick, dan alat makeup lainnya. 

Alat Mandi

Untuk melamar sang pujaan hati, maka Anda perlu menyiapkan perlengkapan mandi yang biasa digunakan. Perlengkapan mandi yang dimaksud terdiri atas shampoo, sabun, shower cup, pembersih wajah, handuk, dan juga perlengkapan mandi lainnya. Silahkan sesuaikan kebutuhan alat mandi dengan kebiasaan dari calon istrimu ya!

Aksesoris dan Pakaian

Seserahan yang dimaksud disini berisi dengan baju dan beragam aksesoris lain untuk digunakan dalam keperluan sehari-hari. Seserahan yang sering diberikan berupa tas, sepatu, pakaian dalam, gaun, aksesoris, dan lain-lain. Sebenarnya pakaian dan aksesoris memang tidak wajib ada, namun lazimnya memang perlu dipersiapkan mulai dari ujung kaki sampai ujung kepala bagi mempelai istri. Lalu apalagi seserahan yang dibutuhkan ya?

Perhiasan Bagi Wanita

Pada umumnya barang untuk seserahan adat Jawa berupa perhiasan perlu diberikan satu set lengkap mulai dari kalung, gelang, cincin, dan anting. Namun kalau mempelai pria tidak memiliki budget sebanyak itu, maka tidak perlu menyiapkan satu set perhiasan lengkap. Beberapa barang lainnya seperti jajanan pasar, peralatan sholat, pisang raja, dan bunga juga bisa dipersiapkan.