Cara Atur Uang Sebelum Menikah Dengan Gaji 2 Juta

Cara Atur Uang Sebelum Menikah Dengan Gaji 2 Juta

Gaji Anda apakah cukup untuk biaya nikah dan setelahnya? Cukup asalkan diatur dengan baik, karena pertimbangan sebelum Anda menikah masih ikut dengan orang tua dan tinggal tidak perlu bayar. Agar Anda tidak penasaran, cobalah ikuti cara mengatur keuangan sebelum menikah dengan gaji sekitar Rp. 2 juta.  

Buka tabungan jangka panjang 

Dengan melihat gaji Anda sekitar Rp. 2 juta tersebut bisa dianggarkan sebulan menabung dengan jumlah Rp. 500 ribu. Jika target usia menikah Anda 27 tahun maka saat Anda mulai bekerja usia 22 tahun masih ada rentang waktu 5 tahun untuk menabung. Kalkulasikan Rp. 500 ribu x 12 bulan x 5 tahun adalah Rp. 30 juta untuk modal nikah.

Simpan tabungan jangka pendek  

Anda masih ada sisa uang Rp. 1,5 juta untuk menabung sekitar Rp. 500 ribu. Tabungan jangka pendek adalah tabungan saat Anda butuhkan secara mendadak seperti periksa, atau servis kendaraan bermotor. Upayakan cara menabung jangka pendek ini Anda lebih banyak mengerem keinginan karena biasanya kebutuhan mendadak sangat krusial sekali. 

Sisihkan untuk belanja orang tua 

Jangan lupakan orang tua Anda ya, berikan sedikit hasil kerja Anda untuk mereka mungkin beberapa ratus ribu sebagai pertanda kasih sayang.  Anda bisa berikan Rp. 300 ribu sebagai bentuk pembelanjaan bulanan. 

Masih tersisa Rp. 700 ribu. 

Sisihkan untuk keperluan pribadi 

Sisa gaji Anda adalah Rp. 700 ribu bisa Anda gunakan selama sebulan untuk membeli keperluan pribadi seperti parfum, baju, sepatu, bensin atau lainnya. Cara mengatur keuangan sebelum menikah bisa dengan 4 langkah di atas, jangan sampai Anda benar-benar nol tabungan ya karena setelah menikah akan ada banyak kebutuhan yang mesti dianggarkan. Ketika Anda telah memiliki calon pasangan cobalah komunikasikan dengan calon Anda tersebut tentang keseriusan dan konsep pernikahan yang akan dilakukan serta rencana apa saja yang akan dilakukan setelah menikah. Baik mungkin membuka usaha bersama atau masih bekerja kendati tidak satu tempat.