Anti Pusing? 5 Tips Menghitung Budget Pernikahan

Anti Pusing? 5 Tips Menghitung Budget Pernikahan

Stres Menghitung Budget Pernikahan? Berikut Tips Agar Budget Pernikahan Tak Membuat Pusing

Pernah pusing memikirkan biaya pernikahan?

Siapa saja yang pernah atau akan melakukan pernikahan pasti akan merasakan hal yang serupa. Apalagi jika pernikahan yang diinginkan mempunyai konsep yang tidak biasa. Biaya yang akan dikeluarkan akan terasa lebih banyak. Alih-alih merasakan bahagia karena akan menikah, justru stres dan pusing malah akan melanda.

Bagaimana agar biaya pernikahan tidak membuat Anda pusing hingga stres memikirkannya. Ada baiknya jika Anda simak beberapa tips menghitung budget pernikahan yang tepat dan membahagiakan. Tipsnya adalah sebagai berikut;

Gunakan Undangan Online

Jaman yang semakin canggih dengan kemajuan teknologi juga berimbas pada acara pernikahan. Salah satu bagian dari pernikahan yang menggunakan kecanggihan teknologi adalah tentang undangan. Jika jaman dahulu mayoritas menggunakan undangan manual, kini kian marak menggunakan undangan online. Hal demikian pastinya punya tujuan yaitu agar lebih praktis, hemat dan tidak membuang waktu.  Disamping itu undangan manual juga pada akhirnya akan dibuang padahal Anda sudah mengeluarkan biaya cukup banyak. Anda bisa membuatnya sendiri dan undangan seperti itu tidak memakan biaya yang cukup banyak. Lumayan menghemat budget Anda tentang masalah undangan.

Mengurangi Jumlah Undangan

Jangan pernah khawatir bahwa pernikahan yang tidak dihadiri oleh ratusan undangan tidak akan terasa bahagia. Justru dengan mengundang ratusan hingga ribuan tamu, Anda harus menganggarkan banyak hal agar semuanya berjalan lancar.

Menyiasati agar budget pernikahan tidak semakin membengkak karena banyaknya undangan, Anda bisa mengurangi jumlah undangan. Hanya mengundang beberapa teman dekat, kolega hingga keluarga dekat saja.

Libatkan Teman dan Kerabat

Suatu acara pernikahan pastinya akan ada beberapa hal yang membutuhkan tenaga ahli. Misalnya membuat undangan, suvenir, rias hingga tukang foto. Padahal tahukah Anda bahwa yang demikian akan menambah budget pernikahan.

Solusinya adalah dengan melibatkan teman atau kerabat yang mempunyai keahlian dalam hal tersebut.  Selain lebih hemat juga pernikahan akan terasa berbeda. Dan mereka akan semakin bahagia karena dilibatkan langsung dalam proses pernikahan.

Meminimalisir Biaya yang Tidak Penting

Banyak hal dalam acara pernikahan yang memakan biaya cukup banyak dan membuat stres kedua calon mempelai. Contohnya adalah biaya catering, suvenir, seragam keluarga hingga dekorasi yang menjadi impian.

Agar tidak membuat pusing dan stres ada baiknya jika beberapa hal yang menjadi  bagian dari pernikahan tersebut diminimalisir. Biaya seragam misalnya, kalau tidak terlalu perlu bisa ditiadakan agar lebih berhemat. Ganti saja dengan dress code kepunyaan masing-masing meski tidak sama yang penting kompak.

Pilih Hari dan Waktu Pernikahan yang Tepat

Pemilihan hari pernikahan  rupanya juga berdampak pada biaya pernikahan. Sebuah pernikahan yang dilakukan pada akhir pekan apalagi jika di gedung tentu akan  menambah biaya sebab banyak yang ingin melakukan pernikahan di akhir pekan dan hal tersebut dimanfaatkan untuk menaikkan harga.

Agar tidak membebani sebaiknya pilih hari pernikahan aktif di mana tidak banyak yang ingin menyewa gedung dan harganya sudah pasti lebih murah.Menghitung budget pernikahan adalah suatu hal yang penting dan harus disiapkan jauh-jauh hari agar tidak memberatkan acara pernikahan. Budget yang baik adalah budget yang ringan, sederhana, sesuai kantong dan yang paling penting tidak membuat kedua calon mempelai stres.